Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saint Petersburg, Salah Satu Stadion Termahal Dunia

KOMPAS.com - Stadion Saint Petersburg merupakan salah satu venue yang digunakan untuk perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Arena olahraga yang berlokasi di kota Saint Petersburg ini diresmikan pada tahun 2017 untuk menggantikan Stadion Kirov.

Bangunannya dirancang oleh arsitek asal Jepang, Kisho Kurokawa, dan didesain agar bisa berfungsi untuk berbagai acara.

Stadion ini terdiri dari tujuh lantai yang total tingginya 79 meter dengan kubah besar dan atap tengahnya dikelilingi oleh delapan tiang besar.

Atap transparannya bisa dibuka dan ditutup dengan cara digeser. Desain itu yang membuatnya termasuk salah satu stadion paling modern.

Atap tersebut memungkinkan diadakannya acara yang berbeda sepanjang tahun karena suhu di dalam stadion bisa disesuaikan.

Selain itu, lapangan rumputnya yang berukuran 120 meter x 80 meter juga bisa digeser dengan motor listrik.

Pengaturan ini memungkinkan lapangan itu digunakan untuk konser, pameran, dan olahraga lainnya karena lapangan rumputnya dapat dipindahkan sementara ke luar stadion.

Untuk fasadnya, bagian luar stadion yang berbentuk mangkuk menampilkan warna abu-abu perak yang muncul melalui panel komposit aluminium. Bahan kaca digunakan pula untuk memberikan sentuhan akhir pada eksterior stadion.

Dasar fasadnya terdiri dari panel logam keramik dan dilapisi bahan anti-gores dan anti-rusak.

Bahan etilen tetrafluoroetilena (ETFE) yang tembus cahaya juga dipakai untuk bagian dudukan untuk memberikan perlindungan dari cuaca dan bertujuan agar bisa menjadi proyeksi.

Semula biaya konstruksinya Rp 1,2 triliun, tetapi meningkat terus hingga mencapai Rp 10,4 triliun. Inilah yang menjadikannya sebagai salah satu stadion termahal di dunia.

Stadion yang berkapasitas hingga 67.000 kursi ini juga pernah dipakai untuk pertandingan pembukaan dan final Piala Konfederasi FIFA 2017.

Dalam Piala Dunia 2018, ada tujuh pertandingan yang digelar di sini, yaitu empat pertandingan babak penyisihan, satu babak 16 besar, satu semifinal, dan satu lagi untuk perebutan tempat ketiga.

Stadion ini merupakan rumah bagi klub sepak bola lokal FC Zenit St Petersburg. Sebelum Saint Petersburg dipilih sebagai nama resminya, stadion ini dikenal pula dengan beberapa nama, seperti Zenit Arena, Gazprom Arena, dan Piter Arena.

https://properti.kompas.com/read/2018/06/27/214727221/saint-petersburg-salah-satu-stadion-termahal-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke