Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berita Penting: Informasi Wajib soal Tol Trans-Jawa bagi Pemudik

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai berita seputar jalan tol trans-Jawa menjadi informasi penting dan menarik menjelang arus mudik Lebaran 2018.

Itulah yang membuat lima berita terpopuler bagi para pembaca kanal Properti Kompas.com pada Jumat (8/6/2018) didominasi oleh berita tentang jalan tol.

Berikut ini daftar lengkapnya:

1. Keseruan menyusuri jalur mudik Tol Trans-Jawa

Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com telah tiba di Probolinggo, Jawa Timur, setelah melakukan perjalanan panjang dari Jakarta sejak Sabtu (2/6/2018). 

Hingga Rabu (6/6/2018), Tim Merapah Trans-Jawa telah melintasi 15 ruas tol operasional dan fungsional dengan total panjang 807,5 kilometer.

Kru yang terlibat dalam perjalanan reportase mudik tahun 2018 sebanyak tujuh orang yang terdiri dari tiga jurnalis, dua videografer, satu fotografer, dan satu bagian umum.

Di sepanjang perjalanan, kami menemukan banyak hal menarik, seru, istimewa, dan berbeda yang bisa kami ceritakan kepada pembaca.

Baca berita lengkapnya di sini: Serunya Menjajal Jalur Mudik Tol Trans Jawa

 

2. Dibuka fungsional, Tol Gempol-Pasuruan sudah seperti operasional 

Mulus. Demikian pantauan Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com saat menyusuri Tol Gempol-Pasuruan Seksi II, Jawa Timur, pada Rabu (6/6/2018).

"Kami tinggal menunggu sertifikasi laik fungsi dan operasi," kata Ari. Pekerjaan minor yang tersisa, lanjut Ari, adalah pembangunan rest area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di Km 6 untuk jalur A dan B.

Dengan demikian, saat mudik Lebaran, ruas tol ini sangat siap digunakan oleh pemudik, baik dari arah Banyuwangi maupun Surabaya. 

Baca berita lengkapnya di sini: Tol Gempol-Pasuruan, Fungsional Rasa Operasional

 

3. Pemudik ke Sukabumi bisa lewat tol mulai Jumat kemarin

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menyiapkan infrastruktur jalan tol untuk membantu kelancaran arus mudik tahun ini.

Salah satunya yang disiapkan yaitu Jalan Tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 kilometer. Saat ini pengerjaan untuk Seksi 1 Ciawi-Cigombong/Lido sepanjang 15,35 kilometer sudah selesai dan akan dibuka secara fungsional.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas tol Seksi 1 ini sudah rampung dan tinggal penyelesaian fasilitas tambahan.

"Seksi 1 ini panjangnya sekitar 15 kilometer, jalannya sudah jadi, tinggal aksesori saja. Akan dibuka fungsional setelah Jumatan besok oleh kepolisian," ujar Basuki Hadimuljono di lokasi, Kamis (7/6/2018).

Baca berita lengkapnya di sini: Besok, Ke Sukabumi Bisa Mudik Lewat Tol

 

4. Mimpi Jokowi menghubungkan Merak sampai Banyuwangi... 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mempunyai mimpi besar menghubungkan kawasan Merak di Provinsi Banten hingga Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur melalui pembangunan infrastruktur konektivitas Tol Trans-Jawa.

Bukan tanpa alasan Jokowi bermimpi seperti itu. Pertama, menurut Jokowi, pembangunan infrastruktur merupakan salah satu dari dua fondasi penting dalam membangun daya saing bangsa untuk mengejar ketertinggalan dengan negara lain.

Fondasi penting lainnya adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Kita sudah jauh tertinggal dengan China. Bahkan dengan Vietnam, Malaysia, dan Filipina pun kita jauh tertinggal. Di bidang ekspor, dan investasi kita betul-betul kalah. Kalau tidak bangun dan bangkit dari tidur, kita akan kalah," tutur Jokowi dengan nada keras kala meresmikan Tol Medan-Kualanamu.  

Baca berita lengkapnya di sini: Mimpi Jokowi Menghubungkan Merak sampai Banyuwangi...

 

5. Probowangi akan jadi jalan tol terpanjang di Indonesia 

Tol Probolinggo-Banyuwangi atau biasa disebut sebagai Probowangi akan menjadi tol terpanjang di Indonesia jika kelak sempurna terbangun.

Jalan bebas hambatan ini dirancang sepanjang 172,90 kilometer. Lebih panjang 56,15 kilometer dari Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) milik PT Lintas Marga Sedaya yang membentang 116,75 kilometer.

Tidak saja terpanjang, dari sisi investasi pun, tol ini mencatat rekor baru yakni senilai Rp 23,391 triliun.

Tol Probowangi merupakan titik akhir dari jaringan Tol Trans-Jawa yang menghubungkan tiga kabupaten, yakni Probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi.

Posisinya yang berada di ujung timur Pulau Jawa menjadi sangat strategis sebagai gerbang distribusi logistik, barang, jasa, dan manusia dari timur ke barat.

Baca berita lengkapnya di sini: Probowangi, Calon Tol Terpanjang di Indonesia

https://properti.kompas.com/read/2018/06/09/094813021/berita-penting-informasi-wajib-soal-tol-trans-jawa-bagi-pemudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke