Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berita Penting: Segala Informasi Mudik Lewat Jalan Tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang arus mudik, berbagai informasi tentang perjalanan selalu menarik dan penting bagi para pemudik. Itulah yang membuat berita mengenai rincian tarif tol di Pulau Jawa menjadi berita penting di kanal Properti Kompas.com, Kamis (7/6/2018).

Kemudian, berita tentang dibukanya jalan tol di berbagai daerah dengan berbagai kondisinya juga menyita banyak perhatian pembaca pada hari kemarin.

Berikut ini daftar lengkap berita yang penting dibaca:

1. Daftar tarif tol di Pulau Jawa

Mudik menggunakan kendaraan pribadi masih menjadi primadona saat Lebaran. Melewati jalur tol pun menjadi pilihan demi lebih cepat sampai kampung halaman. 

Hal yang perlu Anda ingat, pembayaran tarif tol saat ini menggunakan sistem pembayaran nontunai atau e-toll. Bagi para pemudik yang menggunakan mobil pribadi (golongan I), pastikan e-toll dan saldo Anda cukup.

Untuk memastikan saldo aman, Anda perlu mengetahui berapa sebaiknya isi e-toll yang Anda persiapkan. Catat tarif di sejumlah ruas tol di Pulau Jawa ini sebelum melakukan perjalanan mudik!

Berita lengkapnya di sini: Pemudik, Ini Daftar Tarif Tol di Pulau Jawa

 

2. Keseruan menyusuri jalur mudik Tol Trans-Jawa

Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com telah tiba di Probolinggo, Jawa Timur, setelah melakukan perjalanan panjang dari Jakarta sejak Sabtu (2/6/2018). 

Kru yang terlibat dalam perjalanan reportase mudik tahun 2018 sebanyak tujuh orang yang terdiri dari tiga jurnalis, dua videografer, satu fotografer, dan satu bagian umum.

Di sepanjang perjalanan, kami menemukan banyak hal menarik, seru, istimewa, dan berbeda yang bisa kami ceritakan kepada pembaca.

Berita lengkapnya di sini: Serunya Menjajal Jalur Mudik Tol Trans Jawa

 

3. Dibuka fungsional, Tol Gempol-Pasuruan sudah seperti operasional 

Mulus. Demikian pantauan Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com saat menyusuri Tol Gempol-Pasuruan Seksi II, Jawa Timur, pada Rabu (6/6/2018).

Ruas tol ini, menurut Direktur Teknik PT Jasamarga Gempol Pasuruan Ari Wibowo, sudah sangat siap dioperasikan karena sudah melalui uji laik fungsi.

Pekerjaan minor yang tersisa, lanjut Ari, adalah pembangunan rest area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di Km 6 untuk jalur A dan B.

Dengan demikian, saat mudik Lebaran, ruas tol ini sangat siap digunakan oleh pemudik, baik dari arah Banyuwangi maupun Surabaya. 

Berita lengkapnya di sini: Tol Gempol-Pasuruan, Fungsional Rasa Operasional

 

4. Pemudik ke Sukabumi bisa lewat tol mulai hari ini

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menyiapkan infrastruktur jalan tol untuk membantu kelancaran arus mudik tahun ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas tol Seksi 1 ini sudah rampung dan tinggal penyelesaian fasilitas tambahan.

"Seksi 1 ini panjangnya sekitar 15 kilometer, jalannya sudah jadi, tinggal aksesori saja. Akan dibuka fungsional setelah Jumatan besok oleh kepolisian," ujar Basuki Hadimuljono di lokasi, Kamis (7/6/2018).

Berita lengkapnya di sini: Besok, Ke Sukabumi Bisa Mudik Lewat Tol

 

5. Tol fungsional Pemalang-Semarang dibuka sejak Jumat pukul 06.00 pagi 

Ruas-ruas tol fungsional dari Pemalang hingga Semarang akan dibuka perdana pada Jumat (8/6/2018). Pembukaan direncanakan sejak pukul 06.00 WIB pagi.

Terkait pembukaan itu, Menhub menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk mengatur lalu lintas berikut keamanan dari jalur tersebut.

Pihak kepolisian juga diberi kewenangan untuk membuka tol fungsional dari Pemalang hingga Semarang selama 24 jam atau tidak.

Berita lengkapnya di sini: Jumat, Tol Fungsional Pemalang-Semarang Dibuka Sejak Pukul 6 Pagi

 

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa berikut ini:

https://properti.kompas.com/read/2018/06/08/095011021/berita-penting-segala-informasi-mudik-lewat-jalan-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke