Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berita Menarik: Jalanan Singapura Terbelah hingga Kondisi Tol Brexit

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah jalan di Singapura mendadak terbelah. Hal ini membuat kondisi lalu lintas di sana menjadi padat.

Demikian salah satu kabar terpopuler di kanal properti Kompas.com sepanjang Sabtu (2/6/2018). Di samping itu ada pula kabar lain seputar persiapan mudik dan tsunami ritel di berbagai negara.

Berikut kabar selengkapnya:

1. Jalan di Singapura terbelah

Adam Road, sebuah jalan di Singapura mendadak patah pada permukaannya pada Jumat (1/6/2018) pagi. Kemacetan panjang pun tak dapat terhindarkan akibat perisitas tersebut.

Tak hanya itu, layanan transportasi publik ikut terganggu akibat patahan di ruas jalan itu.

Hasil penyelidikan Otoritas Transportasi Darat Singapura, patahan disebabkan akumulasi air di tepi ruas Adam Road. Air tersebut menggenang akibat hujan deras.

"Tekanan air membuat bagian jalan terdorong dan akhirnya memunculkan patahan pada permukaannya," jelas LTA dalam pernyataannya, Jumat malam.

Selengkapnya Jalanan di Singapura Mendadak Terbelah, Ini Sebabnya

2. Tol Brexit kini...

Gerbang Tol (GT) Brebes Timur atau biasa disebut Brexit pernah demikian populer pada musim mudik 2016 lalu.

Salah satu akses keluar dari Jalan Tol Pejagan-Pemalang ini awalnya diharapkan sebagai pengurai kemacetan. Namun, kenyataannya kendaraan pemudik parkir berjamaan hingga mencapai 18 kilometer.

Lalu, bagaimana kabar GT Brexit kini?

Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, kembali memantau secara langsung kondisi di lapangan.

13 hari jelang Lebaran, kondisi faktual ruas tol dengan panjang total 57,5 kilometer ini tengah dilakukan perawatan.

Mulai dari peletakan rubber cone, penegasan marka jalan, hingga pemasangan lampu penerang jalan di beberapa Simpang Susun.

Kepala Seksi Pemeliharaan Tol Pejagan-Pemalang Mita Lolita menuturkan, pemeliharaan dilakukan secara berkala. Jelang mudik tahun ini, aktivitas tersebut makin intensif dilakukan.

"Kami ingin pemudik merasa nyaman melakukan perjalanannya. Untuk biaya pemeliharaan kami tidak bisa menyebutkan. Tapi yang pasti ini terus kami tingkatkan," kata Mita kepada Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, Sabtu (2/6/2018).

Ulasannya: Apa Kabar Tol Brexit? Ini Kondisi Terbarunya...

3. 50 gerai Mothercare resmi bangkrut

Peritel perlengkapan bayi asal Inggris, Mothercare, semakin larut dalam pusaran kelamnya industri ritel.

Pada Jumat (1/6/2018), Mothercare mesti merelakan 50 gerainya di Negeri Big Ben gulung tikar.

Hal itu menyusul persetujuan pemilik lahan atau landlords atas langkah company voluntary arrangement (CVA) yang ditempuh Mothercare.

Asal tahu saja, CVA adalah upaya menyelamatkan bisnis terancam karam dengan cara mengurangi biaya sewa dengan tuan tanah.

Dalam kesepakatan CVA, Mothercare mendapat keringanan biaya sewa sebesar 65 persen pada 50 gerai yang tumbang tersebut.

Interim Executive Chairman Mothercare Clive Whiley mengatakan, kesepakatan CVA merupakan langkah krusial untuk menyelamatkan Mothercare dari kepunahan.

"Kami dapat mempercepat transformasi bisnis Mothercare," ucapnya kepada The Guardian, Sabtu (2/6/2018).

Selengkapnya: 50 Gerai Mothercare Resmi Bangkrut

4. Terus berlanjut, hancurnya mimpi IKEA bangun toko

Peritel furnitur asal Swedia, IKEA, terus menguak batalnya rencana buka toko. Belum diketahui pasti kapan aksi akan berakhir.

Sebelumnya diberitakan, IKEA telah meruntuhkan mimpinya melayani masyarakat di sejumlah kawasan, antara lain Preston di Inggris, serta Cary dan Arizona di Amerika Serikat.

Syahdan, langkah getir kembali diambil IKEA di Nashville, Amerika Serikat. Mereka batal mendirikan gerai di kota itu.

Batalnya pembukaan toko masih berkaitan dengan rencana IKEA mengerem pembukaan toko fisik. Peritel kondang itu kini mulai berfokus dagang daring.

"Keputusan ini (pembatalan buka toko) amatlah berat. Bagaimana pun, kami tetap tidak akan melanjutkan pembukaan toko di Nashville," ungkap juru bicara IKEA, Latisha Bracy, kepada The Tennessean, Kamis (31/5/2018).

5. Tak perlu khawatir antre di rest area Tol Palikanci

General Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Purbaleunyi Reza Febrano mengaku telah melakukan berbagai persiapan menjelang arus mudik pada Lebaran tahun ini.

Selain rekayasa lalu lintas, persiapan itu juga dilakukan di rest area, termasuk di rest area Km 207 untuk arus mudik dan Km 208 Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) untuk arus balik.

"Kami menyiapkan 15 toilet yang terdiri 7 wanita dan 8 toilet pria. Ada juga mushala serta penambahan unit armada yang disiagakan," kata Reza Febriano saat memberi pemaparan di Rest Area 207 Tol Palikanci, Kamis (31/5/2018).

Unit armada yang dimaksud, menurut dia, yaitu 5 mobil derek, 2 ambulans, 1 kendaraan rescue, dan 2 watertank.

Sementara itu, ada 4 variable messages sign (VMS) yang dipasang di akses masuk untuk memberikan informasi teraktual.

https://properti.kompas.com/read/2018/06/03/133018421/berita-menarik-jalanan-singapura-terbelah-hingga-kondisi-tol-brexit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke