Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Seharusnya Ada di Setiap Rumah

Anda boleh mengikutinya, jika tidak pun tidak apa-apa. Itu pilihan sendiri. Namun, bila mengikutinya, Anda tidak akan merasa bosan karena setiap hari melihat hal yang sama.

Berikut ini penjelasannya:

1. Barang dari abad pertengahan

Penggunaan barang dari abad pertengahan, setidaknya satu saja, mempunyai alasan tersendiri.

Secara teknis barang itu bergaya retro dari abad tempo dulu, jadi bukan lagi barang modern. Namun, gaya itu masih terasa relevan hingga saat ini dan masa yang akan datang.

Pemasangan meja klasik dengan gaya tradisional berbentuk melengkung dan alas tidur yang lembut menambah sentuhan modern yang bisa membuat ruangan terasa tidak terlalu formal.

Salah satu cara mudah untuk menghadirkan barang modern adalah melalui tempat duduk.

Kursi-kursi abad pertengahan selalu bergaya khas dipadu dengan meja kayu tradisional yang merupakan campuran dunia lama dan baru.

2. Sentuhan warna putih dan hitam

Mata kita selalu ingin melihat sesuatu yang berwarna dan bagaimana pandangan kita terhadap suatu ruangan bisa berubah sesuai tampilan warnanya.

Putih merupakan warna yang ringan, tetapi berhati-hatilah menambahkan warna hitam.

Perhatikan bagaimana ruangan yang ada di gambar tersebut memiliki banyak warna putih, yang membantu membuat warna lain jadi lebih menonjol.

Sementara warna hitam dapat dengan mudah diperkenalkan melalui lampu yang pinggirannya hitam, seperti yang terlihat di gambar.

3. Campuran tekstur

Apakah ruang di rumah Anda luas dan terdiri dari aneka warna? Atau hanya berwarna lembut dan netral? Ruangan yang didesain dengan bagus terlihat dari campuran tekstur yang menampilkan kekayaan yang lembut.

Selain tekstur pelapis yang berbeda, seperti kapas, goni, kulit, linen, dan sutra, Anda juga perlu memasukkan unsur kayu, logam, dan kaca.

Berikut ini beberapa tekstur yang bisa dipertimbangkan untuk dicampur:

  • Keranjang tenun
  • Kayu yang halus (dikontraskan dengan kayu bekas pakai)
  • Tanaman hidup
  • Barang dari plastik
  • Wol atau kasmir (kain wol dari wol halus)
  • Bola lampu tanpa pelindung (pijaran cahayanya seperti teksturnya itu sendiri)

Jika Anda ragu, tambahkan kursi dari abad pertengahan dengan unsur logam. Itu berarti Anda telah menggabungkan dua elemen sekaligus.

4. Ketidaksempurnaan desain sesuai kepribadian

Selain semua barang dan bahan yang dipilih dengan sempurna, seharusnya ada beberapa barang di ruangan Anda yang bernilai sejarah atau penting dalam perjalanan hidup, misalnya barang vintage yang pernah dipakai secara personal.

Kehadiran benda-benda bersejarah ini tidak harus melalui furnitur atau aksesori. Desain vintage yang sederhana pun bisa membuat barang-barang di rumah Anda seolah bercerita tentang perjalanan hidup dari masa lalu, masa kini, hingga masa depan.

Barang itu misalnya kursi dari abad pertengahan dan tempat lilin kontemporer.

5. Bunga segar

Cukup dengan meletakkan beberapa kuncup bunga yang dimasukkan ke vas, lalu lihatlah bahwa penambahan warna baru bisa membuat suasana ruangan jadi lebih menyenangkan.

Kehadiran detail seperti itu akan membantu Anda bisa menikmati situasi ruangan di rumah setiap harinya setelah selesainya perubahan desain.

https://properti.kompas.com/read/2018/05/16/200000621/5-hal-yang-seharusnya-ada-di-setiap-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke