Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kiat Maksimalkan Ruang Kecil di Rumah Anda

Mungkin Anda merasa apa pun yang dilakukan, ruang itu tampak masih kurang pas. Bisa jadi juga tidak ada barang yang cocok walau Anda merasa seharusnya itu pantas.

Dengan berpikir kreatif, Anda bisa menghilangkan kekecewaan dengan menciptakan ruang kecil yang akan Anda sukai.

Berikut adalah empat cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat ruang kecil Anda berfungsi dengan baik dan tetap terlihat menarik.

Manfaatkan area kosong di lantai rumah

Ada area tertentu di lantai rumah yang Anda anggap tidak berguna, misalnya lantai di bagian bawah dinding, lantai di antara balok penyangga rumah, dan sudut di belakang kursi.

Satu sofa kecil juga bisa ditaruh di area terbatas itu, sedangkan sudut di belakang kursi itu bisa jadi tempat untuk lampu kecil penghias ruangan.

Selain itu, area lantai yang di bawah tangga juga bisa dimanfaatkan sekreatif mungkin. Yang paling sering adalah tempat penyimpanan barang.

Letakkan furnitur

Anda dapat meletakkan perabotan yang dibuat khusus untuk ruangan kecil. Perabotan itu biasanya memiliki fungsi lipat atau multiguna, antara lain meja lipat, tempat tidur tingkat, atau meja untuk minum kopi dengan ruang penyimpanan di dalamnya.

Mengangkat kasur dari lantai bisa menjadikan area di lantai yang tidak terpakai lalu diisi dengan meja sudut untuk membaca dan menulis, atau sofa.

Pasang rak susun di tembok

Salah satu cara untuk memanfaatkan ruang kecil adalah dengan memasang rak susun yang menempel di tembok.

Dengan begitu, rak buku anda tidak perlu memakai lantai sebagai dasarnya. Bisa juga Anda memajang barang-barang berharga atau barang antik tanpa harus memakan ruang.

Jadi, ruang kosong di lantai bisa digunakan untuk menempatkan kotak dokumen.

Periksa kembali semua barang di rumah 

Perhatikan seluruh isi rumah Anda dan prioritaskan barang yang tidak dibutuhkan. Misalnya, lampu hias yang besar padahal cahayanya hanya temaram, tentu tidak menunjang pekerjaan Anda.

Dengan area kecil di rumah, daripada meletakkan bermacam barang yang kecil-kecil tapi malah berantakan, lebih baik satu barang besar tapi bermanfaat.

Pilihan lain, sekalian saja Anda membeli kursi yang besar daripada memiliki beberapa kursi kecil tapi ruangan malah terlihat lebih berantakan.

Kini saatnya anda memanfaatkan salah satu dari tips ini atau menggabungkannya untuk memanfaatkan ruang kecil di rumah.

https://properti.kompas.com/read/2018/05/04/090000321/kiat-maksimalkan-ruang-kecil-di-rumah-anda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke