Salin Artikel

Cara Kreatif Mendekorasi Ruang Tamu agar Terlihat "Stylish"

Oleh karenanya, desain ruang ini wajib dipikirkan secara terperinci, terutama bagi keluarga yang kerap menerima tamu dalam kaitan bisnis atau sekadar bersosialisasi.

Tetapi, bagi keluarga dengan intensitas kunjungan yang tidak terlalu sering, ruang tamu bisa saja dipadukan bersama ruang keluarga maupun ruang kerja.

Sempitnya lahan serta tren minimalis menjadi faktor pendorong penyatuan ruang tamu dengan ruang lainnya demi optimalisasi lahan atau kemudahan perawatan.

Jadi, sebaiknya konsep ruang tamu telah didesain sejak awal.

Bekerja sama dengan Arsitag, berikut ini Kompas.com sajikan cara kreatif, dan ramah biaya mendekorasi ruang tamu tetap terlihat stylish. 

1. Terapkan tema nautikal agar terlihat segar

Kenyamanan suasana tropis yang segar tampil dari warna putih pada dinding dan sofa, serta warna turquoise yang unik dan menawan.

Sarung bantal sofa dalam berbagai ukuran dan warna bisa dibuat sendiri dari potongan kain.

Hasil karya yang sederhana mampu membawa kenyamanan, sekaligus menjadi dekorasi yang membuat ruang tamu tampil stylish.

2. Padukan lighting dengan warna-warna natural

Ruang tamu yang sederhana nan nyaman, menjadi dambaan keluarga. Sofa bergaya tropis modern berwarna cokelat bisa dipilih karena warnanya yang natural sesuai dengan warna dinding di belakangnya.

Semua warna-warna natural yang nyaman namun cenderung gelap ini, diimbangi dengan dinding di seberangnya yang dicat putih dan jendela besar untuk pencahayaan alami.

3. Gaya ekletik? Boleh juga lho!

Gaya ekletik yang unik dengan tiga buah meja di atas karpet warna warni mencerahkan ruang tamu, sekaligus menjadi penyeimbang warna coklat tua yang monoton dari sofa panjang berbahan kulit.

Kreatifitas bergaya ekletik juga ditampilkan foto-foto dengan gambar unik. Keberanian memadukan berbagai warna membuat ruang tamu kelihatan stylish dan memikat.

4. Ruang tamu sekaligus ruang kerja, mengapa tidak?

Penyatuan ruang tamu dan ruang kerja menjadi pilihan yang optimal bagi keluarga yang menjalankan bisnis di rumah.

Agung Budi Raharsa bersama CSA mendesain Shark House/Villa Che dengan perpaduan desain rumah post-modern pantai California dan villa tropis Asia.

Pesona dari akuarium ikan hiu bervolume 200.000 liter menjadi focal point di ruang tamu yang menyatu dengan ruang kerja.

5. Ingin suasana homey nan elegan? Mainkan gaya industrial

Konsep ruang tamu bergaya industrial modern cocok untuk kaum urban yang mendambakan ruang sederhana namun nyaman dan mudah perawatannya.

Dinding bata ekspos dengan warna merah bata yang alami mampu memberikan kenyamanan dari kesederhanaannya.

Jendela alumunium yang dicat hitam doff tahan lama dan mudah dibersihkan. Ekspos struktur dan pipa instalasi menjadi elemen dekorasi yang keren sekaligus mudah perawatannya.

6. Terapkan desain rustic untuk kesan yang mewah

Gaya rustic mengutamakan ekspos karakteristik bahan secara jujur. Kejujuran inilah yang menghadirkan kemewahan dari keindahan setiap bahan.

7. Asian style bikin ruang tamu Anda penuh makna

Ruang tamu bergaya Asia yang kekinian mengombinasikan langgam minimalis dan tradisional.

Setiap elemen yang diikutsertakan dalam desain, mulai dari dinding mural, lantai kayu, plafon dengan ukiran, bentuk sofa unik dan nyaman, hingga karya seni yang terpajang di rak sudut, memberikan energi yang seimbang dan kenyamanan yang sempurna.

8. Ruang tamu tanpa dinding? Siapa takut?

Konsep open-plan menghadirkan ruang yang terkesan lebih luas. Warna-warna senada bisa diaplikasikan pada furnitur untuk menciptakan suasana harmonis.

ARTE Living menempatkan kursi tanpa lengan untuk tampilan lebih formal yang bisa mewakili ruang tamu yang berdekatan dengan ruang kerja.

Sofa chaise bergaya minimalis skandinavia sebagai perwakilan ruang keluarga yang lebih santai menjadi pembatas ruang tamu dan ruang makan.

Dinding batu andesit dengan cermin menjadi penanda bagian ruang tamu. Rak-rak pajang menjadi dekorasi yang menghubungkan ruang tamu dan ruang keluarga.

9. Rendahkan plafon untuk suasana ruang tamu yang lebih akrab

Ruang tamu di Rumah Tinggal Sanur Bali menghadap foyer yang memberi pencahayaan dan sirkulasi udara alami.

Permainan tinggi plafon ini menjadi perlambang pemilik rumah yang ramah, terbuka, dan menghargai tamunya.

Dekorasi ruang tamu dapat dilakukan dengan berbagai cara, gaya, bahan, dan warna. Dekorasi ruang tamu tidak perlu terlalu kaku ataupun berlebihan.

Anda bisa mencari ide dari internet, majalah, dan pameran desain. Pastikan konsep ruang tamu yang ingin Anda hadirkan di rumah Anda.

Wujudkan impian Anda untuk mendapatkan ruang tamu stylish. Selamat berkarya!

https://properti.kompas.com/read/2018/04/20/173104521/cara-kreatif-mendekorasi-ruang-tamu-agar-terlihat-stylish

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.