Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bangun Monumen yang Hancur, Siswa di Suriah Pelajari Ilmu Bebatuan

Perang juga telah menghancurkan monumen kuno dan warisan arsitektur negara dan menjadi tragedi untuk semua umat manusia.

Sebuah proyek di pinggiran Mafraq, sebuah kota perbatasan antara Suriah dan Yordania, bertujuan untuk membantu keduanya.

Di sana, murid-murid Suriah dan Yordania sedang mempelajari pelestarian batu sebagai bagian dari proyek percontohan yang akan memberi mereka keahlian baru.

Harapannya, suatu hari nanti, mereka dapat membantu membangun kembali ratusan bangunan dan monumen yang hancur saat perang.

Kursus sepanjang tahun, yang dimulai pada September 2017, adalah kemitraan antara World Monuments Fund, Inggris Raya, World Monuments Fund Britain, dan Jordan's National Trust Petra.

Cukup melelahkan bagi para siswa karena haru melakukan pekerjaan berat secara fisik. Siswa tiba di sekolah setiap pagi pukul 8 pagi untuk kursus di geometri yang sangat diperlukan bagi para tukang batu.

Namun, mereka juga menghabiskan sebagian besar waktu mereka mempelajari kerajinan batu yang dibentuk dengan cara kuno, dari arabesque hingga langkan yang rumit.

"Beberapa peserta memiliki gelar dari kehidupan lama mereka, tetapi sebagian besar belum pernah belajar pahat sebelumnya," kata direktur eksekutif World Monuments Fund Britain, John Darlington.

Dia menyebut kemajuan mereka selama enam bulan terakhir sangat bagus dan sudah mencari cara untuk memperluas program ke keterampilan konservasi arsitektur lainnya.

Palmyra, kota yang ramai yang merupakan pusat dari dunia kuno dan situs warisan UNESCO, dihancurkan dalam demonstrasi brutal oleh Islamic State pada 2016.

Demonstrasi ini termasuk pemenggalan kepala ahli arkeologi Khaled al-Assad dan pembunuhan orang Suriah dengan bahan peledak yang sama yang digunakannya untuk meruntuhkan struktur batu Palmyra.

Ratusan situs warisan di seluruh negeri telah rusak parah, menurut PBB, dan sebanyak 24 situs telah dihancurkan sepenuhnya.

Kota kuno Aleppo sendiri telah mengalami hampir 50 situs peninggalan yang rusak atau hancur. Situs Bosra yang berusia 2.500 tahun telah rusak parah.

Setelah perang berakhir, sudah jadi hal lumrah bagi negara luar untuk menjanjikan uang atau keahlian untuk memulihkan situs warisan atau monumen budaya yang dihancurkan.

Tetapi itu tidak mungkin untuk menyamai skala apa yang terjadi di Suriah, terutama karena begitu banyak warga Suriah telah melarikan diri atau terbunuh.

"Jadi Anda memiliki monumen yang dibutuhkan, tapi tidak ada yang merawatnya," jelas Darlington.

Sementara itu, terdapat ratusan ribu orang terlantar, yang menunggu kehidupan normal.

"Namun, program ini juga membangun keahlian lokal yang diperlukan untuk pada akhirnya membangun kembali struktur yang hilang dalam jumlah besar saat perang," sebut Darlington.

The World Monuments Fund atau Dana Monumen Dunia didirikan di New York pada pertengahan 1960-an, tetapi lembaga nirlaba tersebut sekarang beroperasi di seluruh dunia.

Lembaga ini tengah melakukan proyek konservasi underwriting di 90 negara yang berbeda dengan bantuan dari sponsor perusahaan seperti Knoll, Google, dan Tiffany & Co.

Program di Suriah berbasis di Kota Batu, Zanzibar. Pada 2013, lembaga nonprofit tersebut membantu melestarikan katedral kota yang runtuh dan membangun pusat pendidikan yang berfokus pada sejarah perdagangan budak.

Melalui kursus pelatihan, pengrajin lokal bisa mendapatkan keterampilan konservasi yang dibutuhkan untuk memperbaiki Katedral.

WMF telah mengambil pendekatan serupa untuk bermitra dengan organisasi lokal untuk melatih para pengungsi dan penyintas perang dalam keterampilan konservasi di Kamboja dan Irak.

Pada 2016, Inggris mengumumkan dana pertamanya untuk pekerjaan warisan internasional yaitu Cultural Protection Fund.

Darlington melihat peluang untuk memperluas sebagian pengetahuan yang diperoleh dari proyek-proyek ini ke wilayah lain di dunia: Suriah.

Mereka bermitra dengan Petra National Trust –sebuah LSM Yordania yang fokus pada pelestarian situs warisan eponimnya, yang dipimpin oleh Putri Dana Firas.

https://properti.kompas.com/read/2018/04/15/140842521/bangun-monumen-yang-hancur-siswa-di-suriah-pelajari-ilmu-bebatuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke