Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Isi SPT, Basuki Sebut Pajak Sumber Dana Proyek Infrastruktur

Penyerahan SPT itu disaksikan langsung oleh DIrektur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan.

“Saya di sini sebagai wajib pajak, jadi saya tidak menyampaikan arahan. Nanti arahannya dari Pak Dirjen Pajak,” kata Basuki.

Basuki mengingatkan pentingnya mengisi SPT Orang Pribadi secara tepat waktu. Pajak diketahui menjadi salah satu instrument dalam pembangunan konektivitas infrastruktur, mulai dari jalan, air, perumahan, transportasi hingga energi.

Saat ini, pemerintah mengalokasikan Rp 370 triliun anggaran di dalam APBN 2018 untuk pembangunan proyek infrastruktur. Dari jumlah tersebut, Rp 106 triliun diantaranya dialokasikan untuk Kementerian PUPR.

“Sumber utamanya dari pajak,” sambung Basuki.

Sementara itu, Robert mengatakan, penerimaan pajak menjadi sumber utama anggaran APBN 2018. Jumlahnya mencapai lebih dari 70 persen.

Dari tahun ke tahun, terjadi tren kepatuhan pajak dari masyarakat. Dua tahun lalu, tingkat partisipasi pengisian SPT Pajak Orang Pribadi mencapai 60 persen.

Namun pada 2017 meningkat menjadi 73 persen. Tahun ini, pemerintah menargetkan kembali terjadi peningkatan mencapai 80 persen.

“Sebagian besar (penerimaan pajak) digunakan untuk (anggaran) pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Ini semua menyadarkan sekarang bagaimana pentingnya perpajakan,” kata Robert.

https://properti.kompas.com/read/2018/03/20/111827021/isi-spt-basuki-sebut-pajak-sumber-dana-proyek-infrastruktur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke