Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kecelakaan Konstruksi Marak, Komisi V DPR Bakal Bentuk Pansus

Awal minggu ini, dua kasus kecelakaan terjadi. Pertama, kasus kecelakaan kerja pada proyek pembangunan Fasilitas Perkeretapian Manggarai-Jatinegara Double-Double Track (DDT). Empat orang meninggal dunia akibat insiden tersebut.

Selang sehari, tembok Jalan Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta ambruk, yang mengakibatkan dua orang penumpang di dalam mobil tertimbun. Satu orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia setelah berhasil dievakuasi.

"Kami sudah ingatkan dalam rapat terakhir, tidak menutup kemungkinan kami akan membentuk panja khusus untuk menginvestigasi lebih jauh dan lebih dalam tentang kejadian ini," kata Ketua Komisi V DPR Fary Djemi Francis kepada Kompas.com, Jumat (9/2/2018).

Keduannya bertugas bila terjadi kasus kecelakaan baik itu pada saat proyek telah rampung maupun saat masih konstruksi.

Meski demikian, Fary mengatakan, DPR juga memiliki wewenang untuk mengetahui secara pasti penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.

"Sejauh ini tim independen yang sudah dibentuk tim independen, kejadiannya seperti apa, dan sanksinya apa yang diberikan. Itu kami akan dalami," kata dia.

Dalam catatan Kompas.com, hingga Februari 2017 setidaknya telah terjadi 13 kasus kecelakaan konstruksi dalam kurun waktu enam bulan terakhir.

Dalam jangka waktu tersebut, lima kasus diantaranya merupakan proyek yang digarap PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

https://properti.kompas.com/read/2018/02/09/130000221/kecelakaan-konstruksi-marak-komisi-v-dpr-bakal-bentuk-pansus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke