Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Meski Dipertanyakan, Puan Resmikan Proyek Infrastruktur di Sumut

Proyek infrastruktur yang diresmikan adalah Instalasi Pengolahan Limbah Tinja Kota Medan dan Pengembangan Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM).

Selanjutnya, proyek yang juga diresmikan Puan dan Basuki adalah Pengembangan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik PDAM Tirtanadi.

Puan mengaku, pasti menjadi pertanyaan banyak pihak ketika dirinya meresmikan proyek infrastruktur. Padahal, di antara 8 kementerian yang dibawahi Kemenko PMK, tidak ada hubungannya dengan Kementerian PUPR.

"Urusan sanitasi ini menjadi satu hal yang penting dan saya yang koordinasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)," ujar Puan saat peresmian.

Menurut Puan, hal tersebut menjadi tanggung jawabnya dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan lerubahan perilaku masyarakat menjadi lebih sehat daripada sebelumnya.

"Ini sudah lama direncanakan. Alhamdulillah sekarang kami berdua bisa hadir untuk meresmikan IPLT dan sarana air minum ini. Harapan kami, infrastruktur ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya," kata Puan.

Lebih lanjut, ia menambahkan, hal yang tidak kalah penting daripada peresmian tersebut adalah bagaimana masyarakat bisa bergotong-royong untuk merawat dan menjaga instalasi ini agar awet dan terpakai terus.

Masalahanya, Puan seringkali melihat masyarakat bersemangat melihat infrastruktur dibangun, tapi perawatannya malah maksimal.

Ia pun mewanti-wanti, setelah infrastruktur ini dihibahkan ke pemerintah daerah, perawatannya harus diperhatikan.

"Jangan sampai kami ke sini lagi, IPLT tidak maksimal, tidak dirawat, tidak diberasihkan secara berkala atau bisa saja bocor air dan yang harusnya mengalir ke keluarga sekitar sini malah tidak terpakai maksimal," jelas Puan.

IPLT Kota Medan dibangun pada 2017. Sementara SPAM IKK dibangun pada 2016 hingga 2017.

IPLT Kota Medan dibangun dengan kapasitas 100 m3/hari yang ditargetkan dapat melayani 50.000 rumah yang memiliki tangki septik individual maupun komunal yang terbangun di wilayah Kota Medan.

Adapun SPAM IKK Kabupaten Serdang Bedagai memiliki kapasitas 50 liter/detik yang dapat melayani hingga 5.000 rumah.

https://properti.kompas.com/read/2018/01/26/195553221/meski-dipertanyakan-puan-resmikan-proyek-infrastruktur-di-sumut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke