Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benahi Kampung Nelayan Puger, BTN Salurkan KPR Mikro

JAKARTA, KompasProperti- Sebagian besar masyarakat nelayan yang tinggal di Kabupaten Jember, Jawa Timur, hidup miskin. Kebutuhan tempat tinggal juga menjadi tantangan karena mereka tidak mampu menjangkaunya.

Pasalnya, kemampuan nelayan untuk membeli rumah sangat bergantung pada penghasilan dari ikan yang ditangkap pada waktu-waktu tertentu sehingga pendapatannya tidak tetap.

Beberapa program pemberdayaan antara lain penataan kampung berupa proyek perumahan nelayan, yaitu Land Concolidation (LC) di Kecamatan Puger, sudah pernah dilakukan beberapa tahun silam. Namun, hasilnya tidak terlihat signifikan.

Padahal, program tersebut seharusnya menyediakan 700 rumah lengkap dengan sertifikat bagi para nelayan dengan target penyelesaian 2013.

Baru-baru ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berencana membenahi Kampung Nelayan Puger. Kegiatan yang membidik 15.000 nelayan ini dilakukan atas kerja sama BTN dengan Pemerintah Kabupaten Jember.

"Ini bagian dari sosialisasi program KPR Mikro untuk masyarakat informal. Kita melihat 90 persen nelayan itu belum punya rumah," ujar Direktur Utama BTN Maryono kepada KompasProperti, Sabtu (18/11/2017).

Maryono mengatakan, KPR Mikro menyasar para pekerja yang tidak berpenghasilan tetap dengan berdasarkan komunitas.

Sebelumnya, BTN telah menggandeng sejumlah komunitas, yaitu pedagang mie dan bakso, tukang potong rambut, dan pengemudi ojek.

Sedangkan komunitas nelayan, belum tersentuh oleh BTN. Padahal, sektor kelautan di Indonesia berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

"Dengan menggandeng nelayan, kita ingin membuktikan kalau kita ini peduli dengan sektor kemaritiman di Indonesia. Caranya dengan memenuhi kebutuhan rumah para nelayan," kata Maryono.

Selain membangun hunian nelayan, BTN juga berencana akan menggelar akad kredit pemilikan rumah (KPR) secara serentak sebanyak 2.002 unit rumah di Jember. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya sebanyak 1.001 unit.

Di samping itu, melalui kemitraan tersebut, perseroan akan menyediakan berbagai jasa dan layanan perbankan bagi Pemkab Jember. BTN juga akan melakukan kerja sama di bidang e-retribusi dengan Pemkab Jember.

https://properti.kompas.com/read/2017/11/19/162623721/benahi-kampung-nelayan-puger-btn-salurkan-kpr-mikro

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke