Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ukuran dan Tipe Tak Bisa Lagi Diandalkan untuk Jualan Apartemen

"Arsitektur yang baik itu punya kemampuan mentranformasi ruang biasa menjadi sesuatu yang luar biasa. Ini tentang menciptakan lingkungan fisik, jiwa dan pikiran untuk memperbaiki kehidupan bagi pengguna properti," kata Ninik, yang mendirikan firma arsitektur tersebut bersama pasangannya Rudy Kurniawan.

Ninik menambahkan, setelah menangani ratusan rancangan dan arsitek proyek properti, dia selalu mengingatkan pentingnya nilai lebih dalam sebuah konsep desain.

Di era konsumen yang semakin cerdas saat ini, lanjut Ninik, pemilik proyek properti sudah tak bisa lagi mengandalkan jualan hanya dengan menawarkan tipe maupun ukuran rumah atau apartemennya.

"Apartemen tipe apartemen dua tempat tidur misalnya, semua orang atau konsumen itu sudah tahu kalau desainnya pasti tidak akan jauh berbeda sehingga butuh hal-hal lain yang menjadi nilai lebih untuk bisa dijual, dalam hal ini adalah penataan hardscape yang baik," kata Ninik.

Untuk itu, selama ini keberhasilannya dalam menangani proyek profesionalnya adalah dengan tidak memposisikan diri sebagai konsultan. Untuk semua proses rancangan atau desain, lanjut Ninik, dia bertindak seperti developer itu sendiri.

"Kami tidak cuma menjual gambar, tapi juga terlibat mengembangkan konsep arsitektur yang komprehensif. Bersama pengembangnya kita sama-sama bicarakan kebutuhan, anggaran, situs dan sasaran mereka untuk menciptakan desain dan kualitas arsitektural yang sangat baik," kata Ninik.

"Kami sepakat 60 persen lahan didedikasikan untuk ruang terbuka hijau dan dilengkapi kolam renang dengan tema Jawa. Kami mendesain proyek ini dengan mengedepankan konsep hijau yang dikawinkan dengan heritage Batik Kawung dan Rumah Joglo khas Indonesia. Itu bermuara pada tujuan untuk mendedikasikan unit-unit untuk kalangan yang membutuhkan apartemen bergaya khas Indonesia," tutur Ninik.

Dengan sinergi macam itulah, lanjut dia, pemilik proyek dan desainer bisa meraih kualitas unit yang bagus.

"Kualitas bagus itu berarti investasi yang sangat baik. Investasi yang baik akan berujung pada untung dan bisnis yang berkelanjutan. Ini sudah kami jalankan, dan terbukti berhasil," ucap Ninik.

https://properti.kompas.com/read/2017/11/14/213320521/ukuran-dan-tipe-tak-bisa-lagi-diandalkan-untuk-jualan-apartemen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke