Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Investasi Reklamasi Jakarta Jaya Rp 5.407 Triliun

Nilai investasi tersebut juga akan berguna untuk membiayai perkembangan Jakarta Jaya pada masa mendatang ketika direalisasikan.

"Saya kira total investasi Jakarta Jaya ini bisa mencapai 300 miliar-400 miliar dollar AS. Saya melihat ini adalah sebuah investasi untuk pembangunan kota pada masa depan," ucap CEO Borneo Initiative Jesse Kuijper kepada KompasProperti, Senin (6/11/2017).

Angka sebesar itu, jika dikonversikan ke dalam mata uang lokal, menjadi Rp 5.407 triliun.

Oleh karena itu, ke depan program ini sepenuhnya akan diambil alih oleh pemerintah pusat dengan bantuan pembiayaan dari lembaga keuangan dunia.

"Kami meyakini Pemerintah Indonesia bisa merealisasikan program ini dengan kerja sama melalui lembaga keuangan seperti IMF atau World Bank," imbuh Jesse.

"Ini bukan hanya mengeluarkan uang, tapi juga menghasilkan uang nantinya. Investasi yang dilakukan Pemerintah Indonesia juga untuk membangun tanpa memberikan celah bagi sektor swasta untuk terlibat," ujarnya.

Kendati demikian, dalam rancangannya tersebut Jesse tak menutup kemungkinan untuk melibatkan pengembang swasta, tetapi dengan catatan tersendiri.

"Yang jelas, tanah dimiliki oleh kota, milik negara. Dengan begitu, pemerintah punya kendali tanah, mana yang bisa untuk masyarakat, mana untuk pengembang. Jadi tak semata-mata karena pasar saja seperti reklamasi yang terjadi saat ini," ujarnya.

Para pengembang, lanjut Jesse, bisa membangun hotel, resor, ataupun vila, tetapi konsekuensinya harga tanah lebih akan lebih tinggi.

Sebaliknya, apabila para pengembang itu ingin membangun rumah murah atau hunian terjangkau bagi masyarakat maka harga tanahnya akan lebih rendah.

Sebagai informasi, masterplan kota cerdas bertajuk "Jakarta Jaya: The Green Manhattan" dari SHAU Architects ini berhasil menjadi satu dari 11 pemenang ajang WAFX Prize 2017.

WAFX Prize merupakan penghargaan atas karya arsitektur dunia proyek masa depan berbasis tantangan yang dihadapi sebuah wilayah dalam kurun waktu sepuluh tahun ke depan.

Proposal yang diajukan SHAU, terpilih sebagai pemenang menyingkirkan ratusan proposal lain dari 68 negara.

https://properti.kompas.com/read/2017/11/07/210000821/investasi-reklamasi-jakarta-jaya-rp-5407-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke