Salin Artikel

Aspal Plastik Teruji Tahan Air dan Panas

Hasilnya, aspal dinilai memiliki daya tahan lebih jika dicampur dengan plastik terutama terhadap deformasi jalan.

"Plastik ini meningkatkan kinerja aspal terhadap air. Terhadap retak juga tahan, tapi kalau (kadar plastik) terlalu banyak, malah mudah retak," ujar Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Puslitbang) Deded P Syamsudin di Asphalt Mixing Plant (AMP) Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (24/10/2017).

Ia mengatakan, aspal dengan campuran plastik juga aman terhadap panas dan tidak mudah meleleh.

Biasanya, suhu permukaan aspal hanya berkisar 55 derajat Celcius. Sementara itu, untuk membuat plastik meleleh dibutuhkan suhu di atas 100 derajat Celcius.

Adapun pemanfaatan plastik sebagai campuran aspal dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Plastik terutama yang berjenis kresek memiliki nilai rendah sehingga kurang diminati pemulung untuk didaur ulang.

Hal tersebut membuat kresek mencemari lingkungan bahkan sampai ke laut karena plastik sangat sulit terurai.

Untuk prosesnya sendiri, sebelum dicampur aspal, plastik kresek yang sudah dikumpulkan dicuci menggunakan sabun untuk menghilangkan kadar minyak yang melekat. Setelah itu, kresek dikeringkan dan dicacah.

"Ini bukan teknologi tinggi jadi tidak perlu alat apa-apa kecuali pencacah plastiknya. Setelah plastik dicacah, dimasukkan ke kantong-kantong lalu dimasukkan saja ke campuran aspal," kata Deded.

Berdasarkan hasil uji laboratorium, campuran beraspal panas dengan tambahan limbah plastik 6-10 persen menunjukkan peningkatan nilai stabilitas Marshall 40 persen.

Dari segi biaya, aspal campuran plastik juga jauh lebih murah dibanding tanpa plastik. Pasalnya, jalan dengan aspal tanpa plastik harus dilapisi berulang untuk mencapai stabilitas memadai. 

https://properti.kompas.com/read/2017/10/24/161325321/aspal-plastik-teruji-tahan-air-dan-panas

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.