Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Progres Tol Trans Sumatera 30 Persen

Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Anita Firmanti mengutarakan hal tersebut usai dialog "Saatnya Mengambil Manfaat pembangunan Tol Trans Sumatera," di Universitas Andalas, Padang, Selasa (26/9/2017).

"Beberapa ruas di antaranya akan beroperasi Oktober tahun ini. Di antaranya adalah Ruas Tol Medan-Kuala Namu yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi)," ujar Anita.

Anita mengakui, progres pembangunan Tol Trans Sumatera tidak secepat Tol Trans Jawa. Pasalnya, berbagai kendala, terutama pembebasan lahan menghambat percepatan pembangunan.

Hingga saat ini saja, lahan yang sudah dibebaskan dan bisa dimanfaatkan baru mencapai 20 persen. 

"Kondisi ini tak jauh beda dengan progres fisiknya," tambah Anita.

Terkait kebutuhan atau demand Tol Trans Sumatera yang jauh lebih rendah ketimbang Tol Trans Jawa, Anita tak menampik.

Namun begitu, di beberapa ruas tol, demand-nya justru sangat tinggi. Anita menyebut, ruas-ruas tersebut adalah Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi (61,80 kilometer), Medan-Binjai (17 kilometer), Bakauheni-Terbanggi Besar (140 kilometer), Palembang-Indralaya (22 kilometer), Pekanbaru-Dumai (131kilometer).

"Sumatera ini kan wilayahnya lebih luas dibanding jumlah penduduknya. jadi, memang ada beberapa ruas yang tidak terlalu tinggi kebutuhannya, namun ada yang sangat padat," tutur Anita.

Sementara ruas tol yang melintasi Kota Padang menuju Pekanbaru, dan beberapa ruas lainnya di Provinsi Aceh, baru dilakukan desain dan proses izin analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). 

"Jalan tol ini kan meningkatkan konektivitas antar wilayah, menciptakan efisiensi dana dan waktu tempuh, distribusi dan harga barang jadi lebih murah. Manfaatnya banyak sekali. jadi kami fokus mempercepat ini," tuntas Anita.

https://properti.kompas.com/read/2017/09/26/203000921/progres-tol-trans-sumatera-30-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke