BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Meikarta
Salin Artikel

Memilih Posisi Apartemen, di Lantai Atas atau Bawah?

Hal itu berarti semakin menawan pemandangan yang bisa dilihat, semakin tinggi pula harga apartemen tersebut. Karena itulah, calon pembeli perlu memikirkan sungguh-sungguh letak lantai apartemennya supaya bisa memperoleh harga yang sesuai.

Berikut ini keuntungan dan kerugian dalam mempertimbangkan posisi apartemen:

Posisi lantai apartemen

Pemandangan indah adalah dambaan setiap orang. Umumnya, orang akan memilih apartemen lantai delapan ke atas karena menyuguhkan pemandangan yang indah.

Sebagai contoh, apartemen di kota-kota besar akan memanjakan mata dengan pemandangan kota di bawah langit biru. Namun, untuk apartemen tertentu, ada tambahan biaya supaya bisa mendapatkan unit dengan view tersebut.

Manfaat kedua, kebisingan terasa lebih rendah dengan semakin tingginya posisi lantai apartemen. Selain itu, keamanan posisi lantai atas relatif lebih terjamin meski bukan suatu kepastian.

Biasanya orang memilih apartemen di lantai bawah karena posisinya lebih dekat dengan lantai dasar sehingga aksesnya lebih mudah. Baca: Ingat… Ada Dua Keuntungan Kalau Anda Membeli Apartemen!

Anda juga bisa mengirit waktu ketika hendak keluar dan ketika ada rencana memasukkan atau mengganti furnitur akan lebih gampang.

Satu hal yang harus diperhatikan saat memilih apartemen di lantai dasar, hindari unit yang terletak di antara pintu masuk gedung, tangga darurat, serta fasilitas umum, seperti pusat kebugaran dan lift.

Hal ini untuk menghindari kebisingan sehingga Anda tetap merasa nyaman.
 
Biasanya, pertimbangan orang saat memilih posisi apartemen tergantung kebutuhan. Posisi apartemen di lantai rendah umumnya dipilih oleh keluarga yang mempunyai anak kecil, orang lanjut usia, dan mereka yang takut dengan ketinggian.

Arah hadap

Mempertimbangkan arah hadap juga penting saat memilih posisi unit apartemen. Pemandangan yang berbeda di masing-masing sisi menjadi keunikan tersendiri pada apartemen yang dimiliki. Baca: Meski Rupiah Anjlok, Investasi Apartemen Tetap Pilihan Menarik.

Sebagai contoh, ada kamar apartemen di sisi utara dan timur yang menghadap ke jalan, sisi selatan menghadap ke taman dan kolam renang, dan sisi barat menghadap ke permukiman penduduk di sekitarnya.

Faktor arah hadap biasanya menentukan harga apartemen. Semakin indah pemandangan yang bisa dilihat, otomatis semakin tinggi harganya.

Ada pula sejumlah pembeli apartemen yang mengutamakan faktor kesehatan, misalnya dengan melihat arah masuknya sinar matahari pagi yang bisa menyehatkan tubuh.
 
Setelah mempertimbangkan sejumlah keuntungan dan kerugian di atas, sekarang saatnya Anda memilih apartemen sebagai pilihan investasi sesuai dana Anda masing-masing.

Bagi Anda yang mencari apartemen di sekitar Jabodetabek, baik untuk ditempati maupun investasi, salah satu lokasi yang pantas dilirik yaitu di Cikarang.

Saat ini, salah satu rencana besar bagi Anda yang ingin mempunyai apartemen di Cikarang adalah Meikarta. Sebagai kawasan kota baru yang akan tumbuh, Meikarta bisa jadi alternatif investasi properti di mana posisi unit apartemen bisa Anda tentukan sendiri.

Di kota baru ini, rencananya akan dikembangkan 100 gedung tinggi dengan ketinggian masing-masing gedung sekitar 35 hingga 45 lantai.

https://properti.kompas.com/read/2017/09/04/173200221/memilih-posisi-apartemen-di-lantai-atas-atau-bawah-

Terkini Lainnya

Bagikan artikel ini melalui
Oke