Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sistem Penyediaan Air Minum Semarang Barat Masih dalam Tahap Lelang

"Bendungan Jatibarang fungsinya untuk bahan air baku. Kami sedang lelang untuk SPAM," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air PUPR Iman Santoso, Senin (14/8/2017).

SPAM dari Bendungan Jatibarang akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dari kapasitas bendungan yang mampu menampung 20 juta kubik, dapat memasok air bersih sebesar 1.050 liter per detik.

"Dibangun dan nanti bisa dipakai untuk warga Kota Semarang," ujar Imam.

Bendungan Jatibarang, sambung Imam, merupakan satu-satunya yang berada di wilayah kota.

Hal berbeda dengan bendungan lain yang relatif berada di wilayah kabupaten dan jauh dari pusat kota.

"Bendungan Indonesia pada umumnya ada luar kota, ada di kabupaten-kabupaten. Jatibarang Itu di Kota Semarang, jadi akses sangat dekat," kata Imam.

Pembangunan Bendungan di kota itu digalakkan untuk mengatasi banjir di wilayah atas. Bendungan juga diharapkan bisa meningkatkan kelestarian fungsi konservasi di Daerah Aliran Sungai (DAS).

SPAM Semarang Barat ini direncanakan sebagai proyek percontohan dengan skema pendanaan kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) di Indonesia.

SPAM Semarang Barat akan mampu menyelesaikan permasalahan krisis air bersih dan penurunan permukaan tanah di Kota Semarang.

Menurut Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), SPAM Semarang Barat mulai konstruksi pada 2018 dengan investasi Rp 914 Miliar.

SPAM akan dioperasikan pada tahun 2022. Dalam operasinya, proyek ini menyediakan air minum untuk 31 kelurahan di 3 kecamatan dengan estimasi 60.000 keluarga yang belum tersambung jaringan SPAM dalam wilayah Semarang Barat, Tugu, dan Ngaliyan. 

https://properti.kompas.com/read/2017/08/14/183015021/sistem-penyediaan-air-minum-semarang-barat-masih-dalam-tahap-lelang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke