Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terus Bergerak, Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru-Dumai Tembus 47 Persen

JAKARTA, KompasProperti - Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Kandis-Dumai terus dikebut. Saat ini, pembebasan lahan jalan tol yang dirancang sepanjang 131,4 kilometer itu telah mencapai 47 persen.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan terbagi ke dalam enam seksi. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, untuk Seksi I, Seksi II, dan Seksi III progres pembebasan lahannya sudah mencapai 80 persen.

Untuk Seksi I saja, 40 persen lahannya merupakan milik warga, sedangkan 60 persen sisanya merupakan kawasan hutan.

"Kami sudah dapat LO dari Kejaksaan mana yang bisa diganti mana yang tidak bisa diganti. Untuk ruas ini pada seksi I Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 kilometer targetnya pada akhir 2017 sudah bisa diaspal semua," kata Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Minggu (23/7/2017).

Sejauh ini, Basuki menambahkan, tidak ada hambatan dalam proses pembebasan lahan milik warga.

Adapun, untuk Seksi IV hingga VI masih dalam tahap pembicaraan dengan perusahaan minyak multinasional.

"Kami targetkan sebelum lebaran 2018, sudah bisa fungsional untuk mendukung arus mudik," lanjut Basuki.

Secara keseluruhan, nilai investasi jalan tol tersebut sejumlah Rp 16,211 triliun dengan target selesai pada tahun 2019.

Jalan tol ini akan mengintegrasikan konektivitas kawasan, memperlancar arus distribusi barang dari pusat industri ke berbagai wilayah di Sumatera.

"Dan yang lebih penting lagi tol ini dapat meningkatkan dan memudahkan akses Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau sekaligus kota bisnis dan Dumai sebagai kota pelabuhan, dengan industri perminyakan yang maju, dan agribisnis," ucapnya.

Untuk diketahui, enam seksi yang akan dibangun di jalan tol tersebut yaitu Seksi I Pekanbaru-Minas (9,5 kilometer), Seksi II Minas-Petapahan/Kandis Selatan (24 kilometer), dan Seksi III Petapahan-Kandis Utara (17 kilometer).

Berikutnya, Seksi IV Kandis-Duri Selatan (26 kilometer), Seksi V Duri Selatan-Duri Utara (28 kilometer), dan Seksi VI Duri Utara-Dumai (25 kilometer).

https://properti.kompas.com/read/2017/07/24/120000521/terus-bergerak-pembebasan-lahan-tol-pekanbaru-dumai-tembus-47-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke