Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wujudkan "Yin" dan "Yang" di Taman Rumah Anda!

Tidak hanya mementingkan unsur estetika. Pada penataan taman juga berlaku kesimbangan yin  dan yang. Taman sebagai sarana yin, sedangkan aksesorinya sebagai yang sehingga keduanya harus berpadu dengan serasi.

Nah, berikut yang harus Anda perhatikan ketika menata taman menurut kaidah fengsui:

Dalam fengsui, tanaman berbunga dan berbuah bisa digunakan untuk menepis energi negatif dalam bentuk pemandangan yang kurang enak dipandang. Taman Anda pun tak harus selalu dihiasi dedaunan saja.

Kehadiran bunga aneka warna bisa memberi kesegaran. Hal tersebut pula juga membuat mata dimanjakan dengan penglihatan yang indah. Sementara itu, pohon berbuah dapat memberikan banyak manfaat. Semua ini bisa memberikan qi pemandangan yang positif ke dalam rumah Anda.

2. Pepohonan

Anda perlu memperhatikan tempat terlebih dahulu sebelum menanamnya. Pilihlah lokasi yang berseberangan dengan area rumah sakit atau kuburan. Karena pohon dapat menghambat datangnya energi buruk dari lingkaran luar rumah. Selain itu, hindari meletakkan pohon di depan di pintu masuk karena dapat menghalangi qi masuk.

Tempatkan elemen air di taman dapat menyejukkan area sekitarnya. Mendengar gemericik air adalah qi suara. Keberadaan air dalam kolam sebaiknya selalu dijaga agar tetap mengalir guna meningkatkan terkumpulnya qi sebelum "diundang" masuk ke dalam rumah.

4. Pagar bambu

Bambu memiliki nilai filosofis yang menyeimbangkan tingginya tingkat fleksibilitas dan adaptasi terhadap naik turunnya grafik kehidupan. Penggunaannya di taman bisa berfungsi sebagai pagar. Selain tampilannya natural, pagar bambu dapat menyaring suara bising atau qi suara yang negatif dari luar rumah.

Dipercaya bunyi dari genta angin dapat menipis sha chi (energi negatif) yang berasal dari energi wu huang yang menstimulasi malapetaka dan penyakit berat.

6. Stepping stone

Stepping stone merupakan elemen hardscape pada taman. Untuk mengimbanginya, sebaiknya batu pijakan ini dibuat tidak kaku. Buatlah bentuk atau alur melengkung sehingga keseimbangan pun tercipta. Penataan berliku dapat melembutkan aliran qi yang terlalu deras dari arah luar rumah.

Nah, selamat menata taman rumah Anda!

(Sinar Putri)

https://properti.kompas.com/read/2014/04/10/1216204/wujudkan-yin-dan-yang-di-taman-rumah-anda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke