Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cukup Geser Furnitur, Ruang Keluarga Terasa Lebih Nyaman!

Sarah dan Andrew tinggal bersama anak-anak mereka di dalam rumah empat kamar yang dibangun pada 1970-an di East Yorkshore, Inggris. Sarah seorang seniman, dan Andrew guru senior. Keduanya bertindak lebih jauh dengan melakukan renovasi besar di rumahnya. Lewat langkah yang dilaluinya selama empat bulan ini, dia berhasil menciptakan ruang bercengkrama bagi keluarganya.

"Kami berpikir untuk meruntuhkan dinding dan membuatnya terasa lebih besar, namun setelah banyak berpikir kami memutuskan untuk menciptakan dapur baru di bagian belakang rumah, berbentuk L hingga menciptakan ruang lebih besar dan serba guna," tambahnya.

Keluarga Holman ini menggunakan jasa arsitek dalam memperbaiki rumahnya. Seperti dikutip dalam Elle Decor, hal ini dilakukan karena dia memerlukan tenaga ahli dalam mengubah sebagian konstruksi rumah. Jadi, alih-alih meruntuhkan dinding, Sarah justeru menambahkan ruangan pada rumahnya.

"Sebuah dinding eksternal diruntuhkan dan disangga sementara hingga sebuah tiang penyangga dipasang dan membentuk satu ruangan besar. Area ini kemudian ditutup ketika dinding ekstensi dibuat. Kami memasang jendela seukuran dinding dan pintu ganda ke arah taman, jadi kami bisa menikmati pemandangan dan berpindah tempat dengan mudah antara berada di dalam dan luar ruangan," imbuhnya.

Pengaturan dapur yang terbuka pada ruang makan dan ruang keluarga mampu efektif bagi keluarga Holman. Namun, Sarah dan Andrew harus memberikan perhatian ekstra. Sedikit saja barang menumpuk akan sangat tampak. Maka itu, mereka memasang rak khusus untuk menyimpan berbagai perlengkapan memasak. Anda pun bisa menggunakan cara yang dilakukan keluarga ini.

Sementara itu, mereka juga cermat dalam menggunakan skema warna dalam tiga ruang yang saling menyatu tersebut, yaitu dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Mereka menggunakan skema warna yang relatif lembut dan tidak terkesan "berat". Dinding berwarna putih yang diberikan pemanis berupa warna biru pada salah satu bidang permukaannya tampak menarik.

Selain itu, mereka juga memberikan aksen berupa warna ungu pada detil, misalnya pada runner taplak meja, lukisan, dan throw pillow di ruang keluarga. Semuanya tampak menyatu dengan lantai berwarna kayu muda dan meja serta kaki sofa berwarna serupa.

https://properti.kompas.com/read/2014/01/09/1123073/cukup-geser-furnitur-ruang-keluarga-terasa-lebih-nyaman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke