Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bangku Taman, Solusi Cerdik Menampung Air Hujan

Bentuknya seperti kerikil berukuran besar yang diselimuti bantalan sofa. Sekilas, permukaannya mirip dengan sofa chesterfield. Dengan adanya bangku-bangku menyerupai sofa tersebut, terlebih tampilan permukaannya yang mirip sofa mewah, taman-taman umum bisa dipandang sebagai ruang tamu urban raksasa.

 
Bangku-bangku ini merupakan prototipe pertama dari solusi berskala kecil yang bertujuan membuktikan fungsi multi dan keberlangsungan (sustainability) dalam desain urban. Masing-masing bangku yang bisa diduduki oleh dua hingga tiga orang dewasa ini mengumpulkan dan menyimpan air hujan untuk menyirami tanaman di dekatnya. Solusi cerdik ini bisa memutuskan ketergantungan taman-taman pada sumber air kota. 
 
Bangku-bangku ini sebagian dibuat dari polyethylene daur ulang. Setiap bangku memiliki dua bagian, bagian yang ada di permukaan tanah dan di bawah tanah. Keduanya dibuat dengan menggunakan cetakan yang sama. Bagian yang ada di permukaan tanah dilapisi dengan permukaan khusus. Permukaan tersebut mampu membuat air masuk dengan mudah ke dalam tangki di dalam bangku, mengurangi kelembaban, dan membuat permukaannya kembali kering agar nyaman diduduki.
 
Bangku taman ini tersedia dalam tiga kapasitas berbeda, 500, 1.000, dan 1.800 liter. Tentu, perbedaan kapasitas ini menyebabkan perbedaan ukuran. Masing-masing ukuran dapat ditempatkan dalam skenario yang berbeda. Bangku-bangku ini tengah diuji coba di Mumbai, India. Dari uji coba tersebut, bangku-bangku ini tampak cantik dan memiliki fungsi apik sebagai solusi penyimpan air.

https://properti.kompas.com/read/2013/10/08/0722230/bangku-taman-solusi-cerdik-menampung-air-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke