Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat... Panduan Mendekor Ruang Berplafon Tinggi!

Pada umumnya, plafon atau langit-langit rumah mencapai ketinggian antara 2,5 meter hingga 3 meter. Namun, saat ini ada pula rumah dan apartemen yang memiliki plafon antara 4 meter hingga 7 meter.

Rumah-rumah berplafon tinggi memang cocok bagi lingkungan tropis. Dengan besarnya ruang, sirkulasi udara jadi lebih baik. Udara panas akan bergerak ke atas, dan "terganti" dengan udara yang bersuhu lebih rendah. Cara ini mampu membuat penghuni rumah merasa tetap sejuk.

Saat ini, jika rumah Anda sudah memiliki plafon yang terbilang cukup tinggi, Anda hanya perlu lebih cermat mendekornya. Berikut ini beberapa contoh panduan mendekor ruang berplafon tinggi:

Hampir sama seperti fotografi, mendekor juga membutuhkan "aturan sepertiga". Bagilah dinding menjadi tiga bagian yang seimbang ketika mendekor ruangan berplafon tinggi.

Kemudian, dari dasar dinding, hingga dinding bagian teratas, berikan masing-masing ornamen atau aksen menarik. Sisakan satu bagian, contohnya bagian teratas, tanpa ornamen apa pun untuk memberikan kesan bebas dan tidak menumpuk.

Selain dinding, furnitur pun sebaiknya Anda atur dengan penataan "sepertiga". Ciptakan titik dokus untuk mengurangi rasa mengintimidasi dari plafon tinggi.

Karya seni

Jangan lupa, tempatkan lukisan, foto, dan seni grafis lainnya pada dinding Anda. Pastikan karya seni tersebut tepat berada pada level yang sama dengan mata Anda. Jika Anda tidak tertarik dengan lukisan, dinding aksen juga bisa menjadi pilihan Anda. Gunakan warna yang tegas pada dinding tersebut.

Setelah mengatur aksen pada dinding dan furnitur, atur juga lampu-lampu di ruangan berplafon tinggi. Gunakan lampu gantung sebagai penanda dan "pemisah" kegunaan ruang tanpa dinding maupun partisi.

Gorden

Cara lainnya adalah memberikan gorden pada jendela besar yang menutupi salah satu dinding tinggi Anda. Gorden mampu mengurangi kesan intimidatif pada jendela besar di ruang berplafon tinggi.

Aksen kayu

Namun, jika Anda merasa plafon Anda terlalu tinggi, Anda dapat menggunakan  aksen kayu-kayu pada plafon. Kayu ekspos ini mengurangi kesan tinggi, membuat Anda lebih nyaman, dan membuat ruang lebih "bersahabat". Cara ini juga mampu membuat ruangan lebih serasi dengan berbagai perabot dari kayu. Bila perlu, Anda juga bisa menutupi seluruh plafion Anda dengan kayu, atau corak lain.

Jaga keseimbangan

Selanjutnya, Anda hanya perlu ingat untuk menjaga keseimbangan pada pengaturan interior ruangan Anda. Hindari memenuhi ruangan tersebut dengan berbagai barang-barang berukuran kecil, seperti sofa mungil atau lukisan kecil. Manfaatkan barang-barang berukuran besar. Selain itu, hindari menggantung lukisan, foto, atau karya seni lainnya di atas level mata.

Selamat bekerja!


Sumber: www.freshome.com

https://properti.kompas.com/read/2013/08/01/1656465/catat-panduan-mendekor-ruang-berplafon-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke