Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon Tol Dongkrak Pengguna "E-card" 6 Persen

Kompas.com - 10/07/2017, 17:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Selama arus mudik dan balik Lebaran 2017, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan potongan harga 20 persen bagi pengguna jalan tol yang menggunakan kartu elektronik atau e-card saat transaksi.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Marga (persero) Tbk Desi Arryani, pemberlakuan diskon ini cukup efektif meningkatkan pengguna kartu elektronik meski tidak terlalu signifikan. 

"Ada peningkatan (pengguna kartu elektronik) sebesar 6 persen. Kami berharapnya lebih tinggi lagi, tapi ini pun bagus karena meningkat," ujar Desi saat jumpa pers Evaluasi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2017, di Jakarta, Senin (10/7/2017). I

Desy mengatakan, dalam kondisi normal pengguna kartu elektronik di jalan tol yang dikelola Jasa Marga adalah 28 persen. Sedangkan saat Lebaran, pengguna kartu elektronik bertambah menjadi 34 persen.

Penetrasi peningkatan penggunaan kartu elektronik paling tinggi tercatat di ruas Jakarta-Cikampek (Japek) sebesar 8 persen.

Pada kondisi normal, pengguna kartu elektronik di ruas ini adalah sebesar 21 persen. Sedangkan saat arus mudik dan balik, naik menjadi 29 persen.

Setelah Japek, ruas selanjutnya yang mencatatkan pengguna kartu elektronik dengan peningkatan tertinggi adalah Jakarta-Tangerang, yakni 6 persen.

Meski peningkatannya di bawah Japek, tetapi secara persentase, jumlah pengguna kartu elektronik di ruas iniblebih tinggi.

Pada kondisi normal, pengguna kartu elektronik di ruas Jakarta-Tangerang adalah sebesar 38 persen. Sedangkan saat arus mudik dan balik, persentasenya naik menjadi 44 persen.

Diskon 20 persen untuk pengguna uang elektronik ini berlaku pada H-3 sampai H+2 dan H+4 sampai H+6 Lebaran 2017.

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com