Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Imbauan Menhub untuk Pemudik

Kompas.com - 29/06/2017, 22:10 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KompasProperti - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengeluarkan tiga imbauan kepada para pemudik yang hendak balik ke Jakarta dan daerah sekitarnya agar selamat sampai tujuan.

Pertama, Budi mengimbau masyarakat untuk tidak naik bus ataupun angkutan massal yang tidak tertempel stiker khusus.

Kedua, pemudik yang menggunakan sepeda motor diimbau untuk memanfaatkan angkutan kapal gratis dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

Ketiga, bagi pengguna kendaraan pribadi agar jangan berhenti terlalu lama di tempat peristirahatan (rest area) terutama yang tersedia di jalan tol.

Pasalnya, kapasitas rest area yang terbatas akan membuat penumpukan kendaraan yang berdampak pada kelancaran arus lalu lintas.

"Jangan naik bus yang tidak pakai stiker, kedua yang pakai motor manfaatkan angkutan gratis di Tanjung Mas, masih ada empat hari (pemberangkatan). Jangan berhenti terlalu lama di jalur tempat istirahat," kata Budi, di sela meninjau exit toll Tingkir di Salatiga, Kamis (29/6/2017) sore.

"Yang lainnya harus sehat, fisik prima," imbuhnya.

Saat ditanya tentang balon udara yang sempat mengganggu lalu lintas udara, Budi menegaskan masalah tersebut sudah ia koordinasikan bersama Kapolda Jawa Tengah untuk segera ditindaklanjuti.

"Kami koordinasi dengan pak Kapolda sudah dilakukan penindakan, kita akan lakukan penindakan lebih jauh," tuntasnya.

Tutup "rest area"

Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan melakukan penutupan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TI/TIP) atau rest area di sepanjang jalan tol yang digunakan untuk arus balik Lebaran 2017. Hal ini dilakukan untuk menciptakan arus balik yang lebih efisien.

Penutupan tersebut juga telah dikoordinasikan dengan pihak Kepolisian dengan memperhatikan kondisi lalu lintas.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan Jasa Marga, TI/TIP menjadi salah satu penyebab kepadatan lalu lintas di jalan tol.

“Kepadatan yang terjadi disebabkan kendaraan pengguna jalan masuk keluar rest area, selain perilaku beberapa pengguna jalan yang menggunakan bahu jalan di sekitar TI/TIP sebagai lahan parkir,” ujar AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, dalam rilis yang diterima KompasProperti, Kamis (29/6/2017).

Sebagai informasi, di tol Jakarta-Cikampek terdapat rest area di KM 71, KM 62, KM 52, KM 42, dan KM 33. TI/TIP yang akan ditutup adalah salah satu di antara ke-limanya.

Kompas Video Tol Brebes Timur-Pemalang, dan Pemalang-Batang merupakan dua ruas yang difungsikan secara darurat pada Senin (19/6/2017).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com