Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Pintu Keluar di Tol Darurat Brebes-Gringsing

Kompas.com - 18/06/2017, 19:31 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KompasProperti - Belasan pintu keluar sementara jalan tol fungsional dari Brebes hingga Gringsing (Batang) disiapkan untuk mengeluarkan pemudik dari kemacetan jalan tol.

Jalur sepanjang 110 kilometer itu setidaknya punya 11 pintu keluar. Rata-rata pintu keluar nantinya tersambung dengan jalan provinsi dan kabupaten, hingga tersambung kembali di Jalan Pantura Jawa.

Menurut Kepala Humas PT Jasamarga Semarang Batang Iwan Arbianto, tiga kontraktor pelaksana dari Jasa Marga, Waskita Karya, dan Astra Infra sudah menyiapkan jalur-jalur keluar sepanjang jalan yang digunakan gratis untuk mudik lebaran itu.

Selain jalur Brebes Timur hingga Gringsing, kontraktor juga menyiapkan exit toll  untuk ruas Ngawi-Kertosono.

Dari jalur fungsional Brebes Timur hingga Pemalang sepanjang 37,3 kilometer disiapkan empat pintu keluar, yaitu Exit Ujungregi, Exit Karangjati, Exit Warureja dan Exit Sewaka.

Lalu, ruas Pemalang-Batang sepanjang 39,2 kilometer disiapkan di Exit Beji, dan Exit Bojong. Lalu rias Batang-Semarang, sepanjang 36,45 kilometer ada lima pintu keluar.

Pintu keluar gang disiapkan yaitu Exit Kandeman, Exit Kedungsegoro, Exit Banyuputih, Exit Mentosari, dan Exit Gringsing.

"Kami juga menyediakan call center untuk ruas tol Semarang-Batang di nomor 0285 3970333 dan 0821 3333 2433," kata Iwan, Minggu (18/6/2017).

Sementara pintu keluar di ruas Solo-Ngawi sepanjang 65 kilometer disiapkan di Exit Ngasem, Exit Klodran, Exit Pungkruk dan Exit Widodaren.

Kemudian ruas tol fungsional dari Ngawi-Kertosono sepanjang 35,7 kilometer disiapkan di Exit Ngawi, Exit Madiun, Exit Cawulan dan Exit Wilangan.

Rest area Jasa Marga, sambung dia, juga telah menyediakan tempat peristirahatan atau rest area bagi pemudik di wilayah Kabupaten Batang. Ada post area yang disiapkan di jalur fungsional sepanjang 36,45 kilometer itu.

"Ada empat rest area, dilengkapi poliklinik dinas kesehatan, lalu SPBU Portabel, Musholla dan toilet," ujarnya.

Empat tempat istirahat itu antara lain Rest Area Desa Juragan di Sta 381+100; rest area Desa Gondang di Sta 391+400; rest area Desa Ketanggan di Sta 402+700; dan rest area Desa Lebo di Sta 409+400.

Sementara satu rest area lain di Exit Gringsing, yang dibangun pos pengamanan dari pihak kepolisian dan dinas perhubungan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com