Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Jakarta Dihebohkan DP 0 Persen, 19.845 Rumah di London Kosong

Kompas.com - 22/04/2017, 12:18 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

LONDON, KompasProperti - Di saat Jakarta heboh dengan solusi rumah murah tanpa uang muka atau down payment (DP) untuk mengatasi kekurangan rumah 1,3 juta unit, situasi sebaliknya terjadi di London.

Analisis baru dari Property Partner menunjukkan, dari total 200.145 rumah kosong di Inggris, sebanyak 19.845 rumah di antaranya berada di London. Kondisi kosong ini terjadi lebih dari enam bulan selama tahun 2016 silam. 

Jika digabungkan seluruhnya, rumah-rumah kosong tersebut diperkirakan bernilai 9,4 miliar poundsterling atau Rp 160 triliun.

Ironisnya, tingkat kekosongan rumah ini terjadi di tengah melonjaknya angka tunawisma.

Menurut data pemerintah, jumlah orang yang tidur di jalanan melonjak 54 persen sejak 2010.

Badan amal tunawisma memperkirakan pada Desember 2016 saja setidaknya ada 255.000 tunawisma di Inggris.

Sedangkan 18 dari 20 wilayah dengan jumlah tunawisma terbanyak justru berada di London. 

worldpropertychannel.com Ilustrasi.
Namun, sebagian dari rumah-rumah ini mungkin tidak benar-benar kosong, bisa jadi tengah dipasarkan atau sedang direnovasi.

"Tapi (rumah) yang lain terjebak dalam kondisi kosong, mungkin karena masalah warisan atau karena pemiliknya sengaja berinvestasi dengan dan mengharap kenaikan harga sebelum menjualnya," tulis Homelessness Charity Empty Homes di situsnya.

Area populer untuk rumah "hantu" di London tersebut berada di wilayah kaya seperti Kensington dan Chelsea, di mana terdapat 1.399 rumah kosong.

Angka ini mengalami kenaikan 8,5 persen dari total rumah kosong pada 2015 dan kenaikan 22,7 persen antara tahun 2006 dan 2016.

Kensington dan Chelsea adalah area populer untuk transaksi properti "beli kemudian ditinggalkan" karena para investor asing kaya membeli properti dan membiarkannya tak berpenghuni saat nilai properti meningkat.

Bahkan Evening Standard dan Guardian telah menjuluki Kensington dan Chelsea sebagai "kota hantu" dalam beberapa tahun terakhir karena fenomena ini.

Hilda B Alexander/Kompas.com Pemandangan kota London yang dihiasi pencakar-pencakar langit dengan ketinggian lebih dari 250 meter. Cakrawala London diabadikan dari Gherkin Tower.
A Freedom of Information pada 2013 menemukan bukti, hanya 19 dari 80 apartemen di One Hyde Park di Kensington yang ditempati. Sisanya adalah rumah kosong atau rumah kedua.

One Hyde Park pada saat itu merupakan pembangunan perumahan termahal di Inggris, dengan harga apartemen mencapai 100 juta poundsterling atau Rp 1,7 triliun.

Sementara wilayah luar London terdapat 1,216 rumah kosong pada 2016. Angka tersebut turun dari 2.721 pada 2006.

Selama satu dekade terakhir, Property Partner menemukan jumlah rumah kosong jangka panjang di Inggris turun 36,4 persen dari 314.719 pada tahun 2006.

Perkiraan nilai properti kosong di Inggris mencapai 43,5 miliar poundsterling atau Rp 742,1 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com