Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun Ini Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Sudah Bisa Dilintasi

Kompas.com - 19/01/2017, 16:06 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jaringan Tol Trans Sumatera Ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi terus dikebut mengingat jadwal pengoperasiannya tahun ini.

Hingga saat ini, proses pembebasan lahannya telah mendekati rampung yang ditandai dengan perkembangan konstruksi yang sudah lebih dari separuhnya.

"Progres pemebasan tanah saat ini sudah sebesar 86 persen, sementara progres fisiknya memasuki 51 persen dan rencana operasi tetap pada akhir tahun 2017," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto, kepada Kompas.com, Rabu (18/1/2017).

Ruas tol ini terdiri dari lima seksi dengan seksi I dibangun pemerintah sedangkan empat lainnya menjadi tanggung jawab Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Kualanamu Toll.

Adapun total investasi yang dibutuhkan untuk membangun ruas tol ini adalah Rp 4,072 triliun dengan biaya tanah Rp 441 miliar dan biaya konstruksi sebesar Rp 1,759 triliun.

Selain ruas tersebut, beberapa ruas lainnya di Trans Sumatera seperti Medan-Binjai sepanjang 10,46 kilometer, Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 13,93 kilometer, dan Palembang-Simpang Indralaya sepanjang 17,03 kilometer siap dioperasikan tahun ini.

Baca: Ini Ruas Tol Trans Sumatera yang Beroperasi 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com