Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LMIRT Akuisisi Lippo Mall Kuta

Kompas.com - 06/12/2016, 17:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) di Bali, 30 November 2016 lalu LMIRT Management Ltd, selaku manajer Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIR Trust), menyetujui akuisisi Lippo Mall Kuta. Sebanyak 69,59 persen suara para pemegang saham menyetujui akuisisi tersebut.

Lippo Mall Kuta adalah pusat belanja berlantai tiga di Kuta, Bali. Mal ini mulai beroperasi pada 2013 lalu.

"Akuisisi ini memberikan manfaat bagi para pemegang unit penyertaan karena memperbesar portofolio LMIR Trust dan meningkatkan pendapatan," kata Direktur Eksekutif LMIR Trust, Viven Gouw Sitiabudi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/12/2016).

Akuisisi tersebut, lanjut Viven, akan memperluas jangkauan LMIR Trust di sektor mal ritel di Indonesia. Selain itu, aksi korporasi itu juga memungkinkan LMIR mengoptimalkan biaya operasional dan portofolio serta meningkatkan daya tawar para tenant.

"Ini Kuta memungkinkan LMIR Trust melakukan diversifikasi portofolio di seluruh Indonesia sehingga mengurangi risiko konsentrasi aset yang semakin besar," ujar Viven.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) Ketut Budi Wijaya menyatakan senang melihat mayoritas pemegang unit penyertaan LMIR Trust menyetujui akuisisi pusat belanja tersebut.

"Transaksi ini penegasan strategi asset light LPKR yang berkelanjutan dan diharapkan meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan laba LPKR secara keseluruhan di 2016," kata Ketut.

Saat ini, melalui dua anak perusahaan publik utamanya, PT Lippo Cikarang, Tbk (LPCK) dan PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (GMTD) dengan kepemilikan masing-masing 54,4 persen dan 59,8 persen, LPKR tengah mengembangkan dan mengelola kawasan perkotaan di Lippo Cikarang di Bekasi dan di Tanjung Bunga di Makassar. LPKR telah mendirikan dan mensponsori dua REIT yang tercatat di Bursa Efek Singapura, yaitu First Real Estate Investment Trust (First REIT) dan Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIR Trust).

Adapun LMIR Trust adalah dana investasi real estate di Singapura yang tercatat di Bursa Efek Singapura pada 19 November 2007. Saat ini portofolio aset LMIR Trust terdiri atas 19 mal ritel dan tujuh ruang ritel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com