Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Baru Publik Maja Sedang Cantik-cantiknya

Kompas.com - 16/10/2016, 16:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengutip penggalan lirik lagu "Untuk Perempuan yang Sedang Dalam Pelukan" yang dibawakan band Payung Teduh, Kota Baru Publik Maja di Kabupaten Lebak, Banten, diibaratkan sedang "cantik-cantiknya".

Bagaimana tidak, sejumlah proyek perumahan di sana selalu menarik ratusan bahkan ribuan pembeli. Citra Maja Raya, misalnya.

Proyek yang digarap PT Ciputra Residences, anak usaha Ciputra Group, menorehkan kesuksesan setelah peluncuran perdananya pada akhir 2014.

Sebanyak 7.000 unit rumah seharga Rp 100 jutaan langsung diserbu pembeli dalam waktu 11 hari.

"Semua agen kami sibuk, marketing gallery kami penuh sesak karena pembeli yang mengantre untuk membeli rumah. Kami tidak menyangka sampai seperti itu," ujar General Marketing PT Ciputra Residences Yance kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk tahap kedua, Ciputra kembali akan meluncurkan rumah murah dengan harga mulai Rp 149 juta. Pada tahap kedua ini akan dipasarkan 1.500 unit di lahan seluas 430 hektar.

Yance berharap, animo yang sama pada tahap pertama dapat terjadi pada tahap kedua.

Selain Ciputra, pengembang lain yang mulai melirik Maja adalah PT BukitNusa Indah Perkasa. Pengembang ini sebelumnya menorehkan catatan berupa proyek perumahan seharga Rp 300 jutaan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Di Maja, PT BukitNusa Indah Perkasa menamai proyeknya dengan Permata Mutiara Maja. Menempati area seluas 200 hektar, perumahan ini direncanakan berisi total 11.000 unit rumah baik subsidi maupun komersial.

Kompas.com/Ridwan Aji Pitoko Stasiun Maja
Pada peluncuran perdananya 3 bulan lalu, pengembang tersebut mampu menjual 600 unit rumah seharga Rp 100 jutaan.

"Kami baru lansir 3 bulan lalu. Sekarang di klaster ini tinggal sisa 4 unit," kata Marketing Permata Mutiara Maja, Yandi, saat Pameran Real Estat Ekspo 2016, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (16/10/2016).

Saat ini, rumah yang dipasarkan di Permata Mutiara Maja adalah tipe 27/60 dan 36/90. Harganya masing-masing dipatok Rp 139 juta dan Rp 207 juta.

Dukungan infrastruktur

Meski jaraknya cukup jauh dari Jakarta sebagai pusat perekonomian dan pemerintahan, Maja dipersiapkan menjadi kota baru publik dengan sejumlah pembangunan infrastruktur.

Maja akan menjadi sebuah Kota Baru Publik dengan total luas 10.000 hektar yang ditetapkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 Tahun 2015 dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com