Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Juni, Pusat Belanja di Jakarta Seluas 4,47 Juta Meter Persegi

Kompas.com - 04/07/2016, 15:36 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beroperasinya Bassura City Mall pada kuartal II 2016 menjadi satu-satunya suplai pusat perbelanjaan baru pada semester pertama 2016 di Jakarta.

Mal itu berlokasi di kawasan pengembangan Bassura City di Jakarta Timur. Bassura City Mall yang memiliki luas 21.000 meter persegi memberi tambahan suplai kumulatif ritel di Jakarta menjadi 4,47 juta meter persegi pada kuartal II 2016.

Angka itu sendiri membuat suplai kumulatif ruang ritel di Jakarta tumbuh di bawah satu persen. Meski begitu, Colliers Internasional Indonesia memprediksi akan ada pertumbuhan gradual di Jakarta.

Pasalnya, sekitar 63 persen suplai ruang ritel di masa depan untuk periode 2016-2019 masih dalam tahap perencanaan.

Diperkirakan akan ada beberapa rencana pembangunan pusat perbelanjaan baru di area Central Business District (CBD) tapi hal itu belum diumumkan secara resmi.

Setidaknya ada 15 pusat perbelanjaan baru yang dibangun dan beroperasi dalam lima tahun terakhir di Jakarta.

Sembilan di antaranya berada satu lokasi dengan pengembangan apartemen seperti misalnya Lippo Mall Puri yang mulai dibuka pada 2014, One Belpark Mall pada 2015, dan Bassura City Mall pada pertengahan 2016 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com