Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2,7 Juta Orang Indonesia Belanja di Singapura

Kompas.com - 12/05/2016, 10:43 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatnya kelas menengah sebanyak 20 juta rumah tangga pada 2030 mendatang, menurut Euromonitor, menempatkan Indonesia berada pada posisi keempat dunia negara dengan jumlah kelas menengah terbesar.

Lonjakan kelas menengah ini merupakan potensi keuntungan dari perjalanan dan belanja bebas pajak atau tax free shopping (TFS) di luar negeri.

Dan negara yang meraup keuntungan besar dari TFS Indonesia ini adalah Singapura. 

Baca: Soal Belanja, Shoppers Indonesia Terbesar Ke-5 di Dunia

Berdasarkan laporan Global Blue, negeri yang kini dipimpin Lee Hsien Loong ini merupakan surga belanja bagi para shoppers Indonesia. 

Selama 2015 saja tercatat sebanyak 2,7 juta orang Indonesia yang berbelanja di sana. 

Global Blue juga melaporkan, shoppers Indonesia terbesar kedua setelah China, dan secara historis dianggap penting oleh para peritel yang beroperasi di negeri Singa tersebut.

"Karena shoppers Indonesia mewakili hampir seperlima dari jumlah transaksi global TFX," ujar Wakil Presiden Global Blue Asia Pasifik, Jan Moller, dalam laman resmi Global Blue.

Indonesia juga dianggap menjadi pendorong utama kinerja TFS Singapura dalam dua bulan pertama tahun 2016, Januari dan Februari, dengan rata-rata pertumbuhan 4 persen secara bulanan dan 3 persen secara tahunan (2015), meskipun terjadi sedikit penurunan pengeluaran dengan angka rerata 3 persen.

Penurunan pengeluaran ini terjadi karena Rupiah melemah yang memengaruhi pengurangan permintaan untuk perjalanan wisata dan belanja pada 2015.

Nah, saat kinerja Rupiah pulih, belanja orang-orang Indonesia pun melonjak dalam dua bulan pertama tahun 2016.

"Januari dan Februari adalah pertama kalinya kami telah melihat peningkatan belanja oleh orang Indonesia terhadap tahun sebelumnya. Ini jelas berita baik bagi Singapura," tambah Jan.

Meski mengalami lonjakan, untuk segi pengeluaran masih dinilai lebih rendah dibandingkan pembelanja asing lain, karena preferensi mereka lebih banyak untuk kategori fashion.

Peningkatan shoppers Indonesia ini didorong penerbangan murah atau low cost carrier ke berbagai negara tujuan belanja, khususnya Singapura, dan juga aplikasi visa yang dibuat lebih mudah.

www.shutterstock.com Ilustrasi.
Selain Singapura, Jepang dan Korea Selatan juga tengah giat menarik minat wisatawan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com