Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik "Long Weekend", 33.400 Kendaraan Penuhi Tol Cipali

Kompas.com - 08/05/2016, 13:07 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki masa-masa arus balik libur panjang akhir pekan (long weekend), jumlah kendaraan yang keluar di Gerbang Tol (GT) Cikopo Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sejak pukul 06.00 WIB Sabtu pagi (7/5/2016) hingga 06.00 WIB Minggu pagi (8/5/2016) mencapai 33.400 unit.
 
Pada Minggu pagi hingga pukul 12.00 WIB, terdapat peningkatan arus balik dengan volume rata-rata sekitar 2.000 kendaraan per jam. Angka ini lebih tinggi dibandingkan kondisi Sabtu malam sekitar 1.300 kendaraan per jam.
 
Diperkirakan traffic arus balik di Tol Cipali hari Minggu ini bisa mencapai 40.000 kendaraan.
 
Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Hudaya Arryanto, mengatakan sampai Minggu siang ini volume lalu lintas yang melalui Tol Cipali tersebar merata tiap jamnya. Jadi, meskipun traffic tinggi, tidak terjadi antrian berarti di tiap-tiap GT. 
 
LMS mengapresiasi masyarakat yang melakukan perjalanan arus balik secara bertahap sehingga sejauh ini Tol Cipali masih lancar.
 
"Kami berharap pola perjalanan ini bisa terus berlanjut hingga malam dan dini hari nanti, agar tidak terjadi penumpukan pada jam-jam tertentu yang bisa menimbulkan kemacetan,” ujar Hudaya dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (8/5/2016).
 
Selain itu, untuk memperlancar arus balik, LMS menambah lagi 2 gardu di GT Cikopo, sehingga total tersedia 15 gardu arah Jakarta dan 5 gardu arah Cirebon.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com