Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Saya Turun ke Lapangan Biar Masalah Cepat Selesai

Kompas.com - 24/03/2016, 15:54 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dikenal sebagai sosok yang selalu blusukan sejak masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Bahkan kebiasaannya itu terus dibawa ketika menjadi presiden dengan kerap datang ke lokasi proyek pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, bendungan, rel kereta, dan lain-lain.

Upaya tersebut diakuinya sebagai sebuah proses guna mempercepat penyelesaian masalah yang muncul dalam pembangunan infrastruktur.

Menurutnya, masalah tersebut terkadang bukanlah satu hal yang sulit namun jika tidak diselesaikan secara detail dan terperinci, tidak akan tuntas.

KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Kalimantan Barat dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono meninjau pembangunan Pos Lintas Batas Negara Terpadu Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (23/3/2016)
Seperti halnya masalah pembebasan lahan pembangunan jalan tol yang terkadang milik warga atau institusi tertentu seperti TNI.

"Kenapa lalu saya ke lapangan? Karena itu pasti saya akan dengar kesulitan-kesulitannya yang ada di lapangan dan itu yang kita selesaikan," ucap Jokowi di Balikpapan, Kamis (24/3/2016).

Jokowi mencontohkan permasalahan lahan dengan TNI, dirinya hanya cukup menelepon Panglima TNI dan masalah selesai.

Pun dengan menyelesaikan lahan hutan, Jokowi tinggal berbicara dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, semua urusan beres.

"Itu perlunya turun ke lapangan," sambungnya.

KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi melihat konstruksi Jembatan Kapuas Tayan di Kecamatan Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa (22/3/2016).
Menurut Jokowi, pembebasan lahan merupakan masalah yang kerap muncul dalam semua pembangunan infrastruktur. Oleh karena itu, dia percaya jika pembebasan lahan selesai maka konstruksi pun bisa cepat selesai.

Selama Maret 2016, Jokowi beserta rombongannya tercatat mengunjungi beberapa pembangunan infrastruktur seperti Waduk Jatigede, Tol Cisumdawu, Bendungan Nipah, Tol Surabaya-Mojokerto, Jembatan Tayan (Pak Kasih), dan terbaru pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi V Km 13 Balikpapan-Sepinggan.

KOMPAS.com/TAUFIQURRAHMAN Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Waduk Nipah di Kabupaten Sampang bersama dengan Bupati Sampang, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Sekretaris Kabinet dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Sabtu (19/3/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com