Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Ramping dan Tetap Bugar? Ubah Dekorasi Interior Anda

Kompas.com - 27/12/2015, 14:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber yahoo.com

KOMPAS.com - Meningkatkan kualitas makan dan pada saat yang sama tubuh tetap bugar dan ramping biasanya melibatkan beberapa usaha, seperti membaca label nutrisi dan menghitung kalori.

Namun, apakah mungkin membuat makan sehat bisa menjadi mudah?

Menurut sebuah penelitian terbaru dari Cornell University Food and Brand Lab dalam Jurnal Asosiasi of Consumer Research, hal tersebut bukan lagi mustahil.

Saat makan sepotong kue sambil melihat cermin di kamar membuat Anda berpikir secara berbeda tentang mengonsumsi kalori ekstra.

Bahkan, kehadiran cermin dapat mengurangi rasa dari makanan yang tidak sehat, yang akibatnya mengurangi konsumsi.

Dalam studi mereka, para peserta memiliki pilihan antara kue atau salad di sebuah ruangan dengan dan tanpa cermin.

Ketika berada di ruangan tanpa cermin, mereka menilai rasa kue lebih baik. Saat dengan cermin, rasanya tidak lebih baik. Padahal, rasa pada salad atau kue tidak berubah.

Jadi apa masalahnya?

Melihat diri Anda makan sesuatu yang tidak sehat memicu tingkat kesadaran dasar otak. Hal tersebut membantu Anda membuat pilihan makanan yang lebih baik.

"(Cermin) memberitahu orang lebih dari hanya tentang penampilan fisik mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk melihat diri mereka secara objektif dan membantu menilai diri dan perilaku dengan cara yang sama seperti mereka menilai orang lain," ujar pemimpin peneliti Ata Jami.

Jadi, jika Anda berharap untuk membuat tahun depan menjadi lebih sehat, Anda mungkin bisa menempatkan cermin lebih dari satu di ruang makan atau dapur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com