Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manila Ancang-ancang Siapkan Mal Terbesar Se-Asia Tenggara

Kompas.com - 16/12/2015, 19:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber CTBUH

KOMPAS.com - Pusat perbelanjaan dan operator ritel raksasa Filipina, SM Prime Holdings resmi menunjuk Aurecon untuk mendesain SM Megamall Towers di Manila.

Aurecon menggandeng Arquitectonica yang telah menjadi arsitek beberapa gedung kantor bertingkat tinggi untuk merealisasikan konsep pusat belanja yang diklaim terbesar ini.

"Keterlibatan kami dalam proyek ini adalah memberikan solusi cerdas dengan tujuan mencapai keseimbangan antara struktur dan ungkapan visi estetika arsitek," ucap Direktur Pemasaran Pembangunan Lingkungan Aurecon, John Webb.

SM Megamall Towers rencananya setinggi 50 lantai dan dibangun di pusat Ortigas di Kota Mandaluyong, sebuah distrik bisnis komersial utama di Metro Manila.

Berada di atas lahan seluas 124.200 meter persegi, SM Megamall Towers juga akan mencakup tiga tingkat parkir bawah tanah dan satu parkir di atas.

Aurecon juga menyediakan bantuan rekayasa struktural untuk empat fase awal proyek, yakni konsep desain, desain skematik, pengembangan desain dan kajian dokumentasi konstruksi.

Gedung kantor bertingkat tinggi juga akan menampilkan jalur langsung ke SM Megamall.

"Menara ini akan berbentuk S. Salah satu tantangan terbesar adalah mengembangkan struktur yang dapat dibangun secara efektif dengan tepi yang bergerak ke dalam atau keluar di setiap tingkat tanpa mengorbankan kemampuan untuk menahan aktivitas seismik," jelas Webb.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CTBUH
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com