Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Tetap Berinvestasi di tengah Lesunya Ekonomi Indonesia

Kompas.com - 05/12/2015, 20:04 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Lesunya kondisi perekonomian Indonesia ternyata tidak menghalangi investor asing untuk menanamkan fulusnya di Tanah Air. Salah satunya Mitsubishi Corporation yang berinvestasi di proyek Orange County, Cikarang, milik Lippo Group.

PT Diamond Realty Investment Indonesia, anak usaha Mitsubishi Corporation dipilih untuk bekerjasama dengan Lippo Group. Adapun kerjasama itu direalisasikan lewat proyek kondominium Glendale Park.

Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk, Meow Chong Loh mengatakan bahwa nilai investasinya mencapai 100 juta dollar AS yang dibagi dalam dua proyek.

"Investasi Mitsubishi di Orange County itu untuk tower kelima Glendale Park dan tower keenam NuPort Park," katanya, di Bekasi, Sabtu (5/12/2015).

Dampaknya, permintaan unit di Glendale Park meningkat dalam tiga bulan terakhir. Jika permintaan unit pada Oktober hanya 57 persen, jumlah itu meningkat hingga 91 persen pada akhir November. Sementara itu, di awal Desember ini permintaanya terus naik hingga 140 persen.

"Adanya embel-embel Mitsubishi ini mendongkrak nilai tambah pada unit Glendale Park. Mitsubishi sudah dikenal mampu membangun gedung-gedung bagus di Tokyo," kata CEO Lippo Homes, Ivan Budiono.

Glendale Park sendiri merupakan kondominium setinggi 35 lantai yang terdiri dari 556 unit apartemen. Kehadirannya melengkapi empat kondominium lainnya, yakni Irvine Suites, Westwood Suites, Pasadena Suites, dan Burbank Suites.

Adapun untuk tower keenam, NuPort Park, menurut Chong Loh, masih dalam tahap pembicaraan dengan pihak PT Diamond Realty Investment Indonesia.

Dua tahun

Dipilihnya Lippo Group sebagai mitra kerjasama Mitsubishi bukannya tanpa alasan. Pihak Mitsubishi mengakui sudah melakukan penjajakan selama dua tahun sebelum memutuskan bekerjasama dengan Lippo.

"Kami perlu melakukan ekspansi ke luar Jepang karena groot ekonomi Jepang sangat kecil. Selain Indonesia, kami juga berekspansi ke Filipina, Myanmar, dan Vietnam," jelas Presiden Direktur PT Diamond Realty Investment Indonesia, Takashi Ito.

Selain itu, superblok Orange County yang digarap Lippo Group juga menjadi nilai tambah bagi kerjasama yang dilakukan oleh Mitsubishi.

"Orange County punya potensi besar untuk jadi CBD di Koridor Timur," kata Takashi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com