Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INVESTASI

Mahar Mitsubishi untuk Lippo Rp 6,5 Triliun

Kompas.com - 28/10/2015, 18:38 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penandatanganan kerjasama Lippo Group, melalui PT lippo Cikarang Tbk dengan Mitsubishi Corporation untuk membangun apartemen Glendale Park di Orange County merupakan platform kerjasama keduanya secara berkelanjutan di bidang yang lain.

Secara umum, kerjasama Lippo dan Mitsubishi adalah 50:50. "Porsi Lippo dengan kerjasama akan menyisihkan 500 juta dollar AS atau Rp 6,5 triliun untuk berinvestasi bersama Mitsubishi. Kalau digabungkan (Lippo dan Mitsubishi) lebih dari 1 miliar dollar AS atau Rp 13 triliun," ujar CEO Lippo Group James Riady di Jakarta, Rabu (28/10/2015).

Investasi ini, kata James, akan dilakukan 3 tahun mendatang.Selain di sektor properti, juga tengah dijajaki sektor jasa, dan sektor infrastruktur atau logistik. James berharap, investasi ini juga termasuk membangun kawasan industri.

Di sektor logistik, investasi diperlukan untuk banyak hal, misalnya membangun infrastruktur supaya pergerakan barang lebih lancar. Selain itu, James juga berharap satu rumah sakit Jepang di Indonesia bisa terbangun dari kerjasama ini.

"Kuncinya adalah pihak swasta di Indonesia harus bergerak cepat dan kerja keras serta serius menarik investasi luar negeri ke Indonesia supaya bisa menciptakan lapangan kerja dan ekonomi lebih baik lagi," jelas dia.

James menambahkan, bagian dari Japan Inc. Strategy menjadi partner utama Lippo di Jepang adalah Mistubishi dan Mitsui. Dua perusahaan ini merupakan yang terbesar dan multisektor. Selain dengan Jepang, ia juga mengutamakan membentuk gabungan usaha dengan China. Selanjutnya, Lippo akan mengarahkan membangun usaha dengan pihak Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com