Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Cara Meningkatkan Nilai Jual Properti, Ini Salah Satunya...

Kompas.com - 12/10/2015, 10:05 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana bisnis Paramount Land menyediakan area komersial atau Commercial Kavlings di koridor utama antara Gading Serpong dan BSD City adalah untuk menata kembali agar tata ruang lebih teratur dan meningkatkan nilai jual.

Paramount menetapkan batas koefisien luas bangunan (KLB) 4 sehingga pebisnis bisa membangun gedung setinggi 10 lantai. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pebisnis yang berniat untuk membeli kavling di area komersial.

Dari sisi pembangunan, pebisnis harus membangun di kavling tersebut paling lambat 48 bulan setelah perjanjian pengikatan jual beli (PPJB). Dari sisi arsitektural, maksimal peil lantai dasar bangunan yang diizinkan adalah 1,5 meter dari level jalan depan.

Direktur PT Paramount Land Aryo Tri Ananto mengatakan, cara ini membuat lobi berada di atas dan bangunan terlihat mewah. Untuk desain khusus pagar depan haruslah transparan dengan tinggi maksimal 1 meter dari kavling. Sementara itu, pagar belakang harus solid dengan tinggi maksimal 3 meter dari peil lantai dasar bangunan.

Untuk desain bangunan keseluruhan, pebisnis juga harus mendapat persetujuan dari Paramount Land. Peraturan-peraturan ini dibuat oleh Paramount agar pembangunan kavling lebih teratur.

"Kami bukan bermaksud untuk membatasi atau menghalangi, apalagi untuk desainnya. Kami hanya ingin berkoordinasi sehingga kawasan secara keseluruhan lebih baik," kata Aryo kepada Kompas.com, Sabtu (8/10/2015).

Dengan harga Rp 18 juta per meter persegi, kavling ini sudah tersedia lengkap dengan berbagai fasilitas. Sebut saja listrik tegangan menengah yang memungkinkan pebisnis yang membangun kantor di area ini bisa memiliki gardu sendiri. Sementara itu, akses airnya adalah 75 liter per detik hingga 150 liter per detik.

Lebih lanjut, Aryo juga menyebutkan, dengan kawasan yang teratur, nilainya juga bisa meningkat. Untuk itu, manajemen Paramount bertanggung jawab menata dan mengontrol kawasan tersebut.

Tahap pertama, Paramount menyediakan pilihan 9 kavling dengan luasan 1.000-4.000 meter persegi. Varian ini bergantung pada kebutuhan dan fungsi yang akan dipakai oleh pebisnis. Kavling ini sesuai untuk kantor, ruang pamer, pusat kecantikan, dan restoran.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com