Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Industri Teknologi Dongkrak Sektor Perkantoran Amerika Utara

Kompas.com - 07/09/2015, 15:47 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Meledaknya industri teknologi Kanada menjadi bidikan perusahaan properti Amerika Serikat. Untuk pertama kali Toronto dan Vancouver berada di antara kota-kota top di Amerika Utara untuk pertumbuhan pekerjaan di sektor ini.

Kedua kota tersebut masuk daftar CBRE, yakni Tech Thirty, sebuah analisis terkait 30 pusat teknologi di Amerika Utara yang menunjukkan peningkatan pekerja industri teknologi.

"Jika Anda melihat tingkat pertumbuhan pekerjaan teknologi (di Kanada) itu, jauh di atas lapangan kerja secara keseluruhan. Intinya adalah bahwa kerja teknologi tumbuh lebih cepat dari lapangan kerja secara keseluruhan," papar Direktur Riset dan Operasional CBRE Kanada, Ross Moore.

Beberapa perusahaan teknologi terkemuka bermukim di Toronto, termasuk Facebook Inc yang langsung menyewa 25.000 kaki persegi (2.322 meter persegi) ruang kantor pada kuartal pertama 2015. Rangle.io Inc juga menyewa 29.172 kaki persegi (2.710 meter persegi) di pusat kota yang sama selama kuartal pertama tahun ini.

Toronto sekarang hanya berada di belakang Washington DC, Seattle, Silicon Valley dan Boston soal teknologi. Vancouver juga memiliki pangsa pertumbuhan dengan Amazon Inc yang baru-baru ini mengumumkan kesepakatan untuk membeli lahan 150.000 kaki persegi (13.935 meter persegi) dan Microsoft Inc. seluas 143.000 kaki persegi (13.285 meter persegi) di pusat kota inti.

CBRE mengatakan teknologi tinggi dengan cepat mengubah pasar perkantoran di seluruh Amerika Utara. Pasar ini naik menjadi 19 persen pada aktivitas sewa sepanjang 2014, dari sebelumnya hanya 14 persen pada tahun 2013. Memasuki kuartal pertama 2015, pangsa sewa industri teknologi telah melompat ke angka 20 persen.

"Sektor ini diproyeksikan tetap menjadi sumber terkuat permintaan ruang kantor hingga 2015," imbuh Moore.

Dampak positif juga dirasakan pada tarif sewa yang tumbuh sebesar 10 persen antara kuartal kedua 2013 dan kuartal kedua 2015. Hal ini terlihat dari 16 kantor dari 30 pasar teknologi.

Di Toronto, terdapat 98.000 orang bekerja di sektor teknologi, dengan Liberty Village menjadi jantung sektor teknologi karena permintaan dewanya demikian tinggi.

Sementara Vancouver memiliki 34.000 pekerja teknologi, meningkat 19,7 persen sejak 2011, 12 kali tingkat dari total lapangan kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com