Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusun Cengkareng Akan Dipasangi Jaringan Internet Pribadi

Kompas.com - 06/08/2015, 14:47 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah terus berlanjut, termasuk untuk peningkatan fasilitasnya. Terkait hal itu Perum Perumnas
bekerja sama PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) memasang fasilitas jaringan internet di rumah susun yang dibangun oleh Perumnas.

"Sesuai arahan menteri, sesama BUMN wajib mengadakan sinergi. Saat ini, kami menandatangani kesepakatan untuk memberikan layanan atau nilai lebih bagi konsumen Perumnas dengan memanfaatkan teknologi broadband," ujar Direktur Utama Perumnas Himawan Arief Sugoto, Kamis, (6/8/2015).

Himawan menuturkan, teknologi informasi sudah tidak lagi asing di kalangan masyarakat. Teknologi bahkan sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Tak hanya di kota, masyarakat di area pinggiran pun sudah memanfaatkannya.

Untuk itulah, menurut Arief, dunia properti, khususnya permukiman harus terus mengikuti perkembangan dan mengantisipasi gaya hidup masyarakat saat ini. Himawan menilai, kebijakan Telkom sangat baik karena pendekatannya sejalan dengan misi Perumnas untuk menyediakan fasilitas teknologi informasi. Di negara lain, orang-orang saat ini dimanjakan oleh fasilitas Wifi dalan lingkungan permukiman, bahkan properti komersial.

"Di Jepang, Australia, semua cari Wifi di tempat umum. Internet jadi lifestyle yang juga bakal terjadi di indonesia," sebut Himawan.

Dia melanjutkan, proyek pertama Perumnas yang akan dipasangi jaringan internet dari Telkom adalah di Rusunami A8 Cengkareng sebanyak 5.400 unit. Layanan Smart Building dan Broadband ICT yang difasilitasi Telkom meliputi broadband high technology GPON Fiber Optic 10Gbps, layanan triple play, Indonesia Wifi 100 Mbs, layanan seluler, System Integrator (Security, CCTV, Lighting, Gas Detector), Green Energy Solution, fasilitas internet 10Mb, UseeTV 99 Channel serta aplikasi lainnya. Beberapa aplikasi itu antara lain Digital Signage & Advertising, E-Parking System, Loyalty Card.

Saat ini rusunami Cengkareng memiliki luas 4,97 hektar. Nantinya, Perumnas akan mengembangkan 5.439 hunian dalam 18 menara yang masing-masing terdiri atas 24 lantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com