Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Area Bawah Tangga sebagai Ruang Multifungsi

Kompas.com - 02/06/2015, 13:14 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Houzz.com

KOMPAS.com - Dengan rumah yang serba kecil dan sempit, tentu kita menginginkan untuk memaksimalkan ruang yang ada. Menggunakan area di bawah dan di atas tangga merupakan salah satunya.

1. Rak terbuka

Jangan selalu berasumsi bahwa area di bawah tangga hanya cocok untuk menyembunyikan pembersih ruangan, dan tas belanja. Rak terbuka juga bisa terlihat cantik. Dengan rak ini, Anda tidak hanya bisa meletakkan buku-buku, tetapi juga menambahkan hiasan.

Houzz.com Tidak ingin rak-rak buku Anda mendominasi ruangan? Anda bisa membuat rak-rak sendiri sepanjang tembok di sisi tangga.

2. Ruang tambahan

Karena rumah semakin mengecil, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan area di bawah tangga menjadi satu ruangan sendiri. Contohnya, di bawah tangga, Anda bisa membuat ruangan dapur mini yang berisi lemari dapur, peralatan memasak, dan wastafel.

Houzz.com Laci di bawah tangga ini cocok untuk menyimpan surat-surat berharga, sikat, kunci, dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

3. Kabinet

Untuk yang satu ini, sudah lumrah dilakukan. Biasanya, kabinet atau lemari di bawah tangga sangat efektif untuk menyimpan peralatan kebersihan.

4. Sofa

Mendambakan sudut yang tepat untuk menyendiri? Anda bisa membuat area di bawah tangga menjadi tempat favorit, dengan menambahkan sofa dan rak mini. Lengkapi juga dengan lampu yang nyaman untuk membaca.

5. Pilih warna cerah

Untuk menciptakan ruang penyimpanan di bawah tangga, Anda tidak perlu mengikuti kebiasaan dengan mengecatnya serupa dengan warna tangga. Memang, sebagian orang melakukan ini untuk membuat ruang penyimpanan tidak terlihat karena tersamarkan oleh tangga.

Namun, cobalah bereksperimen mewarnai lemari ini dengan warna cerah seperti hijau toska. Tentu saja, tetap sesuaikan dengan furnitur di sekitarnya.

6. Rak di tengah tangga

Menggunakan ruang tembok di tengah tangga, bisa menjadi bahan pertimbangan. Hal ini juga bisa menambahkan karakter pada tangga yang polos.

7. Perpustakaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com