Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Lampu LED, Energi Bisa Hemat 20 Persen

Kompas.com - 27/03/2015, 09:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyedia solusi hemat energi kini hadir di Indonesia. Pada tahun pertama kehadirannya, Enovatek Energy meluncurkan empat produk unggulan, yaitu lampu penerangan hemat energi, sistem monitor energi, cat pemantul panas sinar matahari, dan solusi papan iklan hemat energi.

Marketing and Sales Senior Manager Enovatek Energy Pte Ltd, Richard Leong mengatakan, Indonesia merupakan pasar yang sempurna untuk dikembangkan solusi hemat energi bagi industri dan bisnis.

"Indonesia sangat potensial dalam pemakaian energi. Dengan banyaknya gedung-gedung tinggi, tentu pemakaian energi juga besar," ujar Leong kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu di Jakarta Convention Center.

Konsumsi listrik yang besar ini, kata Leong, disebabkan karena tingginya suhu udara sehingga harus menggunakan pendingin udara. Selain pendingin udara, konsumsi besar listrik juga diakibatkan dari pemakaian lampu.

Enovatek menyediakan solusi untuk mengurangi pemakaian energi tersebut, mulai dari lampu hingga cat dinding.

Leong menyebutkan, saat memasang sistem ini di dalam gedung, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengganti lampu. Sebelumnya, ia memperhitungkan lebih dulu berapa banyak konsumsi dan jenis lampu di keseluruhan ruangan dalam gedung.

Produk lampu Enovatek antara lain rotatory lighting, flood light, down light, dan PL light. Rotatory lighting dan flood light bisa bertahan lebih dari 20.000 jam, sementara down light dan PL light bertahan lebih dari 50.000 jam.

Penggantian lampu bisa menghemat energi sebesar 20 persen. Sementara mengganti cat dengan produk keluaran Enovatek, bisa mengurangi konsumsi energi sebesar 6-7 persen.

Sebelum mengganti cat, Leong memperhitungkan cahaya yang masuk di dalam suatu ruangan. Semakin kecil cahaya yang masuk, maka semakin besar daya pantul cat yang dihasilkan supaya ruangan lebih terang.

Enovatek didirikan pada 2009 di Singapura. Di negara kota ini, Enovatek bekerja pada berbagai proyek hotel sampai bangunan ritel, antara lain IKEA Singapura, High Street Plaza Singapore, Singapore International Airlines Hpuse, dan Shankars Emporium.

Di Thailand dan Malaysia, produk Enovatek dipakai di Rembrandt Hotel Bangkok, Grand Millennium Hotel Bangkok dan Northport Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com