Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hemat Energi, Hemat Juga di Kantong

Kompas.com - 23/09/2012, 14:18 WIB

KOMPAS.com - Menjalani gaya hidup go green atau gaya hidup ramah lingkungan bukan hanya bermanfaat untuk kelangsungan ekosistem dan mengurangi polusi. Menjalani gaya hidup ramah lingkungan ternyata memiliki manfaat lain yang efeknya langsung terasa pada "kantong" Anda.

Biaya pemakaian listrik merupakan salah satu pos pengeluaran terbesar dari kebutuhan rumah tangga. Dengan kenaikan biaya listrik setiap tahunnya, dapat dipastikan pengeluaran rumah tangga Anda juga akan terus meningkat.

Namun, ada cara lain untuk menghemat energi. Penghematan energi bisa dilakukan dengan cara sederhana yang mampu mengurangi penggunaan energi, menghemat pasokan energi untuk wilayah Anda, dan tentunya "menjaga kantong" Anda. Simak berikut ini:

Lampu hemat energi

Memilih lampu teknologi terbaru, misalnya. Saat ini semakin banyak tersedia lampu-lampu hemat energi. Lampu fluorescent adalah salah satu cara penghematan melalui lampu, yang ternyata mampu menghemat sampai 75 persen penggunaan listrik dan tahan 10 kali lebih lama dari lampu pijar.

Saat ini, lampu fluorescent bahkan tersedia dalam bentuk menyerupai lampu pijar. Anda tetap dapat berkreasi dengan lampu jenis ini untuk memberikan kesan tertentu pada ruangan Anda.

Redupkan lampu

Cara ini paling sederhana, namun penting dilakukan. Jika rumah Anda dilengkapi dengan dimmer, Anda bisa memanfaatkannya sebagai cara menghemat listrik. Mematok dimmer pada pencahayaan 75 persen misalnya, setidaknya telah menghemat 20 persen energi dan menambahkan lama daya tahan lampu Anda.

Namun, jika rumah Anda tidak dilengkapi dengan fitur dimmer, Anda tetap dapat berhemat. Cukup pastikan, bahwa Anda mematikan lampu di siang hari dan pada saat-saat tidak diperlukan. Cara sederhana ini, jika diakumulasikan, akan berdampak besar bagi penggunaan energi di rumah Anda dan pengeluaran Anda.

Mati otomatis

Jalan setapak, lorong, atau garasi tentu sering Anda dan keluarga lewati. Namun, bagian ini justru dapat menjadi bagian yang paling sering "terlewatkan". Ketika telah melintas, Anda dan keluarga lupa mematikan lampu di tempat tersebut. Untuk itu, jika memungkinkan, gunakan motion-censor atau sensor gerak yang membuat Anda tak perlu lagi mematikan dan menyalakan lampu di ruang-ruang penghubung.

(Sumber: http://www.goodhousekeeping.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com