Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Kesiangan? Mungkin Ini Sebabnya!

Kompas.com - 23/02/2015, 07:09 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis


KOMPAS.com
- Beberapa orang seringkali bermasalah saat memulai kegiatan di pagi hari. Meskipun telah berjanji untuk berubah, dimulai dari bangun lebih awal, terkadang pagi Anda tetap tidak sempurna dan masih terburu-buru menyiapkan segalanya.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Semuanya dimulai dengan mengidentifikasi hal-hal kecil.

1. Tidak pernah memasang tirai di kamar tidur

Apakah itu cahaya dari lampu jalan atau bulan, cahaya yang terlalu terang dapat menjadi penyebab besar gangguan tidur. Sebaliknya, cobalah menggelapkan kamar menggunakan tirai. Tirai juga memiliki manfaat tambahan untuk menenangkan suasana rumah Anda.

2. Lemari berantakan

Saat tidak dapat menemukan apa yang Anda cari, itu akan memakan waktu lama di pagi hari. Jika Anda benar-benar tidak memiliki hari dalam waktu dekat untuk mengatur lemari, Anda bisa menyiapkan pakaian pada malam sebelumnya dan menggantungnya.

Meski begitu, tetap sempatkan diri, misalnya pada akhir pekan, untuk membereskan lemari Anda.

3. Lupa di mana meletakkan barang

Setiap orang memiliki tempat tertentu di mana mereka otomatis meletakkan tas mereka, dokumen dan barang-barang penting lainnya. Namun, tempat tertentu ini, bukanlah tempat yang tepat untuk meletakkan barang-barang tersebut. Hal ini membuat pagi Anda menjadi lebih menantang, karena harus memilah-milah tumpukan buku atau kertas-kertas untuk menemukan kunci Anda.

Untuk menyiasati ini, gantung kunci kendaraan atau rumah di tempat yang mudah terlihat. Biasakan untuk melakukannya, dan jangan meletakkannya di sembarang tempat.

4. Cucian piring menumpuk

Ini adalah saat-saat menyebalkan ketika Anda menyadari bahwa cangkir dan piring kotor Anda masih "terendam" di wastafel. Mencuci piring kotor seharusnya tidak dikerjakan saat pagi hari. Sebaliknya, biasakan membersihkan piring sebelum Anda pergi tidur.

5. Kepala pancuran yang tidak pernah dibersihkan

Pancuran yang keras dapat meninggalkan endapan di kepala pancuran, yang memperlambat aliran air. Hal ini mengakibatkan, kegiatan membilas bisa memakan waktu dua kali lebih lama.

Luangkan waktu untuk membersihkan kepala pancuran setidaknya seminggu sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com