Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah dan Pilihan Langkan untuk Keindahan Beranda

Kompas.com - 21/02/2015, 17:59 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Houzz.com

KOMPAS.com - Di mana pun Anda tinggal, baik di sebuah pondok tepi laut, di pegunungan, di apartemen, maupun di rumah tepi jalan kota, beranda adalah salah satu elemen arsitektur yang bernilai tinggi.

Balustrade, yaitu langkan atau pagar berupa kisi-kisi di beranda, tidak hanya bisa melindungi penghuni rumah, tetapi sekaligus menyelaraskan semua detail pada eksterior. Bahkan, pagar ini juga bisa menjadi fitur menonjol.

Langkan adalah pagar penghalang setinggi pinggang, bisa terbuka dan tertutup, yang dirancang untuk menahan penghuni agar tiak terjatuh. Terdiri dari serangkaian batu, kayu atau logam, langkan seringkali diukir dengan susuran memanjang di atasnya.

Susuran adalah bidang horisontal atau bagian yang terletak di atas langkan, fungsinya adalah sebagai pegangan.

Sejarah langkan

Langkan di zaman kuno, sekitar 850 tahun hingga 500 tahun sebelum masehi dihiasi dengan jendela istana. Meskipun langkan tidak banyak digunakan dalam arsitektur Romawi atau Yunani, konsep tersebut muncul pada beberapa kursi, meja kaki, atau tempat lilin dari marmer.

Kata "balustrade" sendiri berasal dari Italia yaitu "balaustro", yang berarti "bunga delima," sebagai desain tradisional menyerupai bentuk bunga delima yang setengah terbuka.

Pada akhir abad ke-15, langkan ditemukan di istana di Venesia dan Verona, Italia. Awal kelahiran Renaissance digambarkan sebagai colonnettes, atau kolom kecil dan tipis yang digunakan untuk mendukung sebuah arena atau galeri.

Contohnya bangunan legendaris, The Palazzo dei Conservatori, yang didirikan pada abad ke-16 di Roma. Michelangelo merancang ulang dan menggunakan vas berbentuk langkan travertine.

Langkan besi

Langkan besi tempa dari abad ke-16 menjadi sangat dekoratif, terutama di gereja-gereja di seluruh Perancis dan Spanyol. Pagar dari besi booming  pada abad ke-18 di Inggris, dan tersebar di seluruh London dan Amerika Serikat, terutama di New Orleans.

Langkan kayu

Langkan kayu yang muncul tahun 1850-an menjadi bagian dari gelombang millwork (material kayu) pertama yang diproduksi secara massal. Kebangkitan Gothic dan desain langkan Italianate diukir dan digunakan pada tangga interior masa kini. Langkan ini memiliki ukiran dan dekorasi yang sederhana.

Langkan kawat

Langkan kawat adalah pilihan untuk beranda atau dek yang modern. Kabel ini sangat kuat, umumnya terbuat dari baja nirkarat dan digantung secara vertikal atau horisontal di antara langkan.

Halaman:
Sumber Houzz.com

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com