Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barang Bekas Bisa Dimanfaatkan Jadi Paviliun Modern

Kompas.com - 07/02/2015, 12:06 WIB
Dimas Jarot Bayu

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Dua paviliun berbahan payung dan roda sepeda bekas serta bahan budidaya tiram dijadwalkan akan dipajang di New York, Amerika Serikat.

Kedua paviliun tersebut, The Billion Oyster Pavilion dan Organic Growth, memenangkan City of Dreams Pavilion Competition. Kompetisi kelima ini mengundang peserta untuk merancang desain struktur temporer di Selatan Manhattan.

Arsitek Organic Growth, Izaskun Chinchilla merancang sebuah paviliun yang menggunakan barang-barang bekas untuk mencipta ulang bentuk yang biasa ditemukan di alam. Bentuk Organic Growth akan mengingatkan Anda pada bunga dan pepohonan.

Struktur Organic Growth sendiri terdiri dari kanopi bercabang yang menggunakan bahan daur ulang, termasuk payung tua, bangku, serta ban dan kaki sepeda rusak. Menurut Izaskun, beberapa institusi telah mendaur ulang barang-barang tersebut dan akan mudah diurai. Pasalnya, pada akhir musim panas, bahan-bahan proyek direncanakan untuk digunakan kembali lebih lanjut.

"Material paviliun dapat dengan mudah digunakan kembali sebagai pelindung matahari, angin, dan hujan di jendela, teras, atau bagian luar rumah di sekitar kota. Elemen-elemen yang lebih besar dapat menjadi wadah lilin dalam ruangan yang indah," kata Izaskun.

Sementara usulan Bang Studio, The Billion Oyster, adalah membangun struktur yang terdiri dari beberapa bahan untuk menumbuhkan pertumbuhan tiram di sungai dan teluk New York, mirip tali nilon dan selang penjepit. Bahan-bahan tersebut sama seperti yang digunakan oleh The New York Harbor School dan akan digunakain untuk melubangi kubah yang dikenal sebagai “bola karang”.

Ketika nantinya paviliun dibongkar, bahan-bahan ini akan disumbangkan ke sekolah untuk mendukung program Million Oyster Project. Ini merupakan inisiatif untuk mengembalikan satu juta tiram hidup di pelabuhan New York selama 20 tahun ke depan.

Tim sekarang akan mencari dana melalui sumbangan dan kampanye untuk biaya konstruksi. Menunggu persetujuan perencanaan, keduanya dijadwalkan menyelesaikan proyek sebelum dimulainya musim panas.

Governor Island pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 2004 setelah hampir dua abad digunakan sebagai pangkalan militer. The City of Dreams Pavilion seri tahunan, telah dimulai sejak 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com