Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerabat Osama Bin Laden Bangun Menara Tertinggi di Afrika Juni Tahun Ini

Kompas.com - 20/01/2015, 15:55 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan pengembang properti milik kerabat Osama Bin Laden yang berbasis di Dubai, Middle East Development, akan memulai pekerjaan konstruksi proyek Al Noor Tower di Casablanca, Maroko, pada Juni 2015.

Al Noor Tower merupakan pencakar langit tertinggi di Afrika yang mengangkasa 540 meter. Ketinggian menara yang berada di dalam area pengembangan Al Noor City ini dua kali lebih jangkung dibanding Carlton Tower, di Johannesburg, Afrika Selatan.

Nama menara terakhir merupakan bangunan tertinggi saat ini di benua hitam tersebut, dengan ketinggian menjulang 233 meter dan mencakup 50 lantai.

Perusahaan arsitektur multinasional, Valode dan Pistre, ditunjuk sebagai perancang utama Al Noor Tower. Nantinya, bangunan ini akan memiliki total luas lantai 335.000 meter persegi dengan jumlah 114 lantai.

Di dalam pencakar langit ini terdapat hotel supermewah berklasifikasi bintang tujuh dengan kapasitas 200 kamar, lengkap beserta pusat kebugaran, spa, pusat konvensi, dan pusat bisnis.

Ada pun estimasi jumlah dana yang dibutuhkan untuk pembangunan pencakar langit ini sebesar 1 miliar dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 12,4 triliun.

Middle East Development yang dimiliki sepenuhnya oleh Sheikh Tarek M Bin Laden, salah satu kerabat Osama Bin laden, menargetkan struktur beton ini rampung pada 2018.

Dalam catatan Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), benua Afrika baru memiliki tujuh bangunan tinggi dengan ketinggian di atas 150 meter. Dari ketujuh bangunan tinggi tersebut, hanya satu yang masuk kategori skyscraper atau pencakar langit yakni Carlton Center.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com