Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Ribu Pengunjung Serbu Pusat Belanja Saat Natal

Kompas.com - 26/12/2014, 13:09 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan Natal tahun 2014 ini dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Jakarta untuk berkunjung ke beberapa pusat belanja. Terutama pusat-pusat belanja berkonsep family mall  (mal keluarga).

Tawaran acara dan program khusus mengisi liburan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 memang dikemas sedemikian rupa oleh pengelola-pengelola pusat belanja tersebut, sehingga menarik minat pengunjung.

Central Park Mall, di Jakarta Barat, contohnya. Pusat belanja yang dikembangkan PT Agung Podomoro Land Tbk ini saat Natal, Kamis (25/12/2014) kemarin, sukses meraup 185.000 pengunjung. Jumlah ini meningkat ketimbang hari-hari biasa (weekdays).

"Di luar Natal atau jelang libur akhir tahun biasanya 180.000 orang per hari. Di bulan-bulan sebelumnya sekitar 170.000 orang per hari," jelas Marketing Communication Central Park Mall, Anastasia Prima kepada Kompas.com, Jumat (26/12/2014).

Sementara masyarakat Jakarta yang menyambangi Gandaria City Mall, di Jakarta Selatan, saat Natal tahun ini sebanyak 100.000 orang yang dihitung secara head count.

Menurut Event & Promotion Manager Gandaria City Mall, Zico Rossano Hansakarya, jumlah pengunjung meningkat signifikan. Untuk car count  saat libur Natal yang dihitung sejak 22 Desember hingga 25 Desember 2014, tercatat sebanyak 12.000 mobil.

"Sebelumnya, pada saat weekdays (hari biasa), jumlah pengunjung sekitar 8.000 kendaraan roda empat. Sementara saat rangkaian libur Natal sejak tanggal 22 Desember sampai hari ini tercatat 12.000 kendaraan per harinya," jelas Zico.

Dia melanjutkan, saat Natal tahun lalu, Gandaria City dikunjungi 10.500 kendaraan. Sedangkan pada hari biasa hanya 7.000 kendaraan.

"Antusiasme yang melonjak tersebut melecut kami untuk meningkatkan target jumlah pengunjung sebesar 30 persen. Kami optimistis target ini dapat tercapai mengingat tahun depan akan ada tenant-tenant baru yang mengisi Gandaria City, satu di antaranya adalah Uniqlo. Selain tentu saja beroperasinya Sheraton Gandaria City," papar Zico.

Banyak acara

Anastasia dan Zico sependapat, kreativitas dalam menggelar berbagai acara (event) berkontribusi terhadap lonjakan jumlah pengunjung. Kendati jenis acara yang ditawarkan berbeda-beda di setiap mal, namun menjadi daya tarik tersendiri.

"Event dan program pastinya beda-beda di setiap mal dan jadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Kami bermain di segmen keluarga karena pasar dan spending power segmen ini paling besar," kata Zico.

Sementara pengelola Central Park Mall mengisi liburan akhir tahun dengan membuat beragam event.

"Event  yang kami gelar tahun ini adalah teenage mutant ninja turtle, christmas shopping marathon till midnight, artist performance, kembang api, dan lain sebagainya," pungkas Anastasia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com