Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Changi Bangun Air Terjun Buatan Setinggi 40 Meter

Kompas.com - 09/12/2014, 10:46 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Konstruksi proyek ekspansi Changi Airport Singapore baru saja dimulai. Perusahaan Eponymous Moshe Safdie telah menambahkan beberapa fitur baru pada bandara tersebut.

Diberi nama "Project Jewel" atau "Proyek Permata", proyek pembangunan tersebut akan menambahkan ruang pertemuan publik yang dilengkapi dengan taman, 300 gerai ritel, dan fasilitas hiburan. Proyek seluas 134.000 meter persegi itu nantinya akan menambah daya tarik Singapura menjadi destinasi persinggahan untuk transit pesawat-pesawat dari seluruh dunia.

Untuk memastikan kegiatan transit bagi penumpang dan pengunjung lancar, "permata" ini akan menghubungkan terminal satu sampai ke lobi kedatangan yang juga terhubung ke terminal dua dan tiga melalui jembatan pejalan kaki.

www.designboom.com Diberi nama
Berada di bawah kubah kaca yang menjulang, skema ini dilengkapi dengan air terjun setinggi 40 meter yang mengalir dari pusat kubah. Fitur yang dinamakan "Rain Vortex" atau "pusaran hujan" itu dikelilingi oleh tumbuh-tumbuhan dalam ruang dan area pejalan kaki.

"Paradigma baru bandara ini untuk menciptakan tempat pertemuan yang bermakna. Bandara Changi menyediakan pintu gerbang utama Singapura yang dilengkapi dengan daya tarik berupa taman untuk penumpang pesawat, pegawai bandara, dan masyarakat kota secara keseluruhan," kata arsitek Moshe Safdie.

"Tujuan utama kami adalah membawa semangat kebersamaan antara area berbelanja dan taman perkotaan yang saling bersinggungan untuk meningkatkan pengalaman pengunjung. Komponen mal dikombinasikan dengan alam, budaya, pendidikan, dan rekreasi. Kami ingin membuat sebuah tempat di mana masyarakat berinteraksi dengan orang-orang di seluruh dunia," tambah Moshe.

www.designboom.com Pada malam hari, air terjun akan menjadi pertunjukkan cahaya dan suara. Pertunjukkan ini dapat dilihat dari teras yang menghadap ke pusat taman.
Bentuk geometris bangunan akan membuat "Rain Vortex" menjadi pusat proyek tersebut. Bentuknya yang khas juga memberikan kekuatan struktural bagi kubah kaca dan baja.

Pada malam hari, air terjun akan menjadi pertunjukkan cahaya dan suara. Pertunjukkan ini dapat dilihat dari teras yang menghadap ke pusat taman. Pada lantai atas, taman atap yang dinamakan "canopy park" menjadi seri daya tarik yang didesain oleh arsitektur PWP Landscape.

www.designboom.com Konstruksi tambahan Changi Airport ini dijadwalkan selesai pada akhir 2018.
Tak hanya itu. Di bawah kanopi itu juga terdapat lengkungan atap menggantung di atas atrium tertutup yang terhubung pada berbagai tingkat ke lantai ritel. Adapun konstruksi tambahan Changi Airport ini dijadwalkan selesai pada akhir 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com